Idul Adha
Dimensy.id Mobile
Selamat Idul Adha Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Malam Minggu, Banjir di Seluruh Wilayah Jakarta Telah Surut

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/bonfilio-mahendra-1'>BONFILIO MAHENDRA</a>
LAPORAN: BONFILIO MAHENDRA
  • Sabtu, 25 Mei 2024, 23:45 WIB
Malam Minggu, Banjir di Seluruh Wilayah Jakarta Telah Surut
Sejumlah petugas membersihkan lumpur sisa banjir di wilayah Jakarta Selatan, Sabtu (25/5)/Net
rmol news logo Berdasarkan pantauan BPBD, tak ada lagi genangan di seluruh wilayah Jakarta pada Sabtu malam (25/5).

Meski sebelumnya, puluhan RT di wilayah Jakarta Timur dan Selatan digenangi air yang berasal dari luapan Kali Ciliwung dari Sabtu dinihari tadi.

"BPBD mencatat hingga Sabtu (25/5) pukul 20.00 WIB, seluruh genangan di wilayah DKI Jakarta sudah surut," kata Kepala BPBD Jakarta, Isnawa Adji, kepada wartawan, Sabtu malam (25/5).

Lanjut Adji, surutnya air karena upaya kolaboratif yang dilakukan oleh OPD terkait seperti BPBD, Dinas SDA, Dinas Gulkarmat, Dinas Bina Marga, Dinas Lingkungan Hidup, Satpol PP, hingga PPSU Kelurahan yang telah mengerahkan personel berikut peralatan pendukung seperti pompa mobile dalam menyedot genangan dan memastikan tali-tali air berfungsi dengan baik.

Kendati demikian, Adji mengingatkan, berdasarkan perkiraan BMKG terdapat peringatan dini banjir pesisir (Rob) pada 21-29 Mei 2024, akibat adanya fenomena fase bulan baru pada 21 Mei 2024.

Hal ini berpotensi meningkatkan ketinggian air laut maksimum yang menyebabkan banjir pesisir atau rob di wilayah utara Jakarta.

"BPBD DKI mengimbau kepada masyarakat agar tetap berhati-hati dan waspada terhadap potensi genangan. Dalam keadaan darurat, segera hubungi nomor telepon 112. Layanan ini gratis dan beroperasi selama 24 jam non stop," tandas Isnawa. rmol news logo article
EDITOR: AGUS DWI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA