Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Benteng Kotano Wuna Dapat Rekor MURI, Jadi Benteng Terluas

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Rabu, 22 Mei 2024, 23:53 WIB
Benteng Kotano Wuna Dapat Rekor MURI, Jadi Benteng Terluas
Benteng Kotano Wuna mendapat penghargaan Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI)/Ist
rmol news logo Benteng terluas Indonesia dan dunia ternyata selama ini ada di daerah timur Indonesia yakni Benteng Kotano Wuna yang berada di Kabupaten Muna provinsi Sulawesi Tenggara.

Benteng Muna sebagai yang terluas di dunia, baru saja menerima penghargaan Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI), pada Rabu 22 mei 2024.

Benteng Kerajaan Muna dinobatkan sebagai benteng terluas di Indonesia dan dunia oleh MURI. Selain itu, juga dinobatkan sebagai salah satu warisan budaya dan sejarah indonesia yang usianya diperkirakan sudah ratusan tahun.

Penyerahan piagam rekor berlangsung di Kantor MURI, Jakarta. Piagam diserahkan langsung kepada Perhimpunan Masyarakat Muna Indonesia (PMMI) yang diterima langsung Presiden PMMI La Ode Riago.

La Ode Riago menyampaikan bahwa apa yang dicapai hari itu bukanlah akhir, tetapi awal dari sebuah kebangkitan orang Muna dalam kompetisi dunia.

"Untuk itu, marilah kita semua selalu menjaga kebersamaan (Kaseise), sebagai bentuk Ialegtuka (Pointau) agar keberkahan tanah Muna dari perut bumi muncul di permukaan," ujar La Ode Riago.

Sementara itu, Direktur Operasional MURI Yusuf Ngadri menyampaikan bahwa pemberian penghargaan tersebut karena bentuk perlawanan kepada penjajah saat itu.

"Ini adalah sebuah penghargaan dan apresiasi mewakili bangsa Indonesia untuk masyarakat Muna pada masa penjajahan. Bagaimana mereka mendirikan sebuah benteng untuk melawan penjajah," katanya.

Adapun panjang Benteng Kerajaan Muna yang mengelilingi kerajaan mencapai 8 kilometer. Lokasinya berada di atas tebing tinggi dan Benteng Kerajaan Muna telah terverifikasi oleh balai pelestarian cagar budaya Sulawesi Selatan.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA