Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pemprov DKI Berharap Jakarta Jadi Leader Kota Global Tingkat Dunia

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/widodo-bogiarto-1'>WIDODO BOGIARTO</a>
LAPORAN: WIDODO BOGIARTO
  • Senin, 20 Mei 2024, 14:49 WIB
Pemprov DKI Berharap Jakarta Jadi Leader Kota Global Tingkat Dunia
Deputi Gubernur DKI Jakarta Bidang Budaya dan Pariwisata Marullah Matali/Ist
rmol news logo Pemprov DKI Jakarta berharap Kota Jakarta menjadi pemimpin (leader) bagi kota global yang tidak hanya di lingkup ASEAN, tetapi juga di Asia maupun dunia sesuai dengan tujuan Indonesia Emas 2045.

Demikian disampaikan Deputi Gubernur DKI Jakarta Bidang Budaya dan Pariwisata Marullah Matali saat menjadi Inspektur Upacara Hari Kebangkitan Nasional ke-116 di di Lapangan Monas, Jakarta Pusat, Senin (20/5).

"Hari ini Indonesia berada pada fase kebangkitan kedua, melanjutkan semangat kebangkitan pertama yang telah dipancangkan para pendiri bangsa. Harapannya, Kota Jakarta dapat menjadi pemimpin bagi kota global hingga di tingkah dunia," kata Marullah.

Selain itu, Marullah mengatakan, bonus demografi yang dimiliki Indonesia harus dikelola dengan baik. Salah satu yang berpeluang menjadi penopangnya adalah adopsi teknologi digital.

Tingkat penetrasi internet di Indonesia telah mencapai 79,5 persen dari total populasi. Hal ini diperkuat dengan potensi ekonomi digital ASEAN yang diperkirakan meroket hingga 1 triliun USD pada 2030.

"Dalam aspek bisnis, sosial, dan ekonomi, transformasi digital dapat menciptakan lapangan kerja baru dan mendukung pertumbuhan ekonomi, serta meningkatkan produktivitas dan profitabilitas bisnis," kata Marullah.

Sementara itu, dalam aspek sosial dan lingkungan, transformasi digital mampu meningkatkan akses terhadap berbagai teknologi untuk mitigasi dan adaptasi perubahan iklim.
 
Menurut Marullah, kerja sama dari seluruh komponen bangsa telah menggerakkan roda transformasi dengan pasti.
 
"Hasil demi hasil bisa mulai dinikmati, mulai dari kalangan perkotaan sampai dengan perdesaan, di seluruh penjuru tanah air. Karena itu, upaya kolaborasi harus terus ditingkatkan untuk mendukung kemajuan bangsa Indonesia," kata Marullah.rmol news logo article


Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA