Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Yayasan Kartini Indonesia Dirikan Rumah Literasi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/achmad-rizal-1'>ACHMAD RIZAL</a>
LAPORAN: ACHMAD RIZAL
  • Minggu, 21 April 2024, 22:29 WIB
Yayasan Kartini Indonesia Dirikan Rumah Literasi
Rumah Literasi RA Kartini didirikan di Jepara, bertepatan peringatan Hari Kartini, 21 April/RMOLJateng
rmol news logo Rumah Literasi RA Kartini hadir di Kabupaten Jepara, bertepatan peringatan Hari Kartini, 21 April, sebagai bentuk penghargaan kepada pahlawan nasional asal Kota Ukir itu.

Rumah literasi yang didirikan Yayasan Kartini Indonesia (YKI) itu tujuannya menghidupkan gagasan dan spirit sang pahlawan. Berlokasi di RT01/RW07 Desa Bondo, Kecamatan Bangsri, Jepara.

Hadi Priyanto, Ketua Yayasan Kartini Indonesia, mengatakan, lima program Rumah Literasi diantaranya, perpustakaan, diskusi, permainan tradisional, mendongeng dan pelatihan menulis.

“Ini untuk masyarakat, utamanya anak-anak dan generasi muda, sebagai bentuk penghargaan kepada RA Kartini, dengan menghidupkan terus gagasan dan spiritnya. Semua program kami berikan gratis,” ujar Hadi, Minggu (21/4).

Untuk menjalankan lima program itu YKI memang tidak melakukan sendiri, tapi mengajak siapapun yang ingin bergabung dan terlibat kegiatan positif itu.

Peresmian Rumah Literasi RA Kartini dihadiri Dekan Fakultas Ilmu Budaya Undip, Prof Dr Alamsyah, Ketua Komisi C DPRD Jepara, Kepala Disdikpora, serta Kapolres, yang diwakili Kapolsek Bangsri. Selain itu juga mengundang para pegiat literasi dan budayawan asal Bumi Kartini.

Dikutip dari Kantor Berita RMOLJateng, Kepala Disdikpora Jepara, Ali Hidayat, mengapresiasi Yayasan Kartini Indonesia yang telah peduli memajukan budaya literasi di Jepara.

“Budaya membaca, menulis dan memahami konteks permasalahan di sekitar kita merupakan kebutuhan bersama untuk kemajuan Indonesia,” katanya.

Prof Dr Alamsyah menambahkan, kehadiran Rumah Literasi RA Kartini merupakan wahana strategis memberdayakan masyarakat bersama sumberdaya yang ada di sekitarnya.

“Banyak fakta sejarah kita ketahui sebagai kontribusi gerakan literasi,” kata Alamsyah.rmol news logo article
EDITOR: ACHMAD RIZAL

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA