Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Perbaikan 65 Ruas Jalan Rusak Akibat Banjir di Kudus Kuras APBD Rp7 Miliar

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/agus-dwi-1'>AGUS DWI</a>
LAPORAN: AGUS DWI
  • Jumat, 29 Maret 2024, 19:32 WIB
Perbaikan 65 Ruas Jalan Rusak Akibat Banjir di Kudus Kuras APBD Rp7 Miliar
Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kudus menggunakan dana APBD sekitar Rp7 miliar untuk perbaikan rutin jalan rusak/RMOLJateng
rmol news logo Sebanyak 65 dari 307 ruas jalan di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, mengalami kerusakan cukup parah akibat terendam banjir yang terjadi pada pertengahan Maret 2024. Dari total 65 ruas jalan rusak, 21 persen di antaranya merupakan kewenangan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kudus yang harus segera ditangani.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Kudus, Arief Budi Siswanto mengatakan, data kerusakan jalan tersebut merupakan hasil pantauan yang dilakukan tim PUPR setempat pascabanjir di Kudus.

“Dari total 65 ruas jalan yang rusak, 21 persen di antaranya merupakan kewenangan Pemkab Kudus yang harus segera ditangani. Sementara sisanya merupakan kewenangan dari provinsi dan nasional,” ujar Arief, dikutip Kantor Berita RMOLJateng, Jumat (29/3).

Untuk semua perbaikan jalan rusak akibat banjir ini, Dinas PUPR Kudus menggunakan anggaran rutin tahun 2024 yang dimiliki. Total anggaran rutin yang dimiliki PUPR Kudus adalah sekitar Rp7 miliar.

Menurut Arief, salah satu ruas jalan yang paling terdampak banjir dan menjadi kewenangan Pemkab Kudus adalah ruas  Tanjungkarang-Kencing Utara Hotel Griptha atau Jalan Boulevard.

Selain itu, kata Arief, kerusakan juga terjadi di Jalan R Agil Kusumadya-Mijen dekat Supermarket Trisnata atau PT Pura ke arah barat. Mengingat cuaca yang masih belum stabil, Dinas PUPR memprioritaskan perbaikan di seputar area Kecamatan Kota Kudus.

“Untuk perbaikan kita prioritaskan di seputar area kota dulu. Adapun jumlah ruas yang sudah kita tangani masih kami data, karena sampai hari ini masih dalam proses penambalan jalan oleh teman-teman,”  terang Arief.

Selain mempertimbangkan cuaca, Dinas PUPR Kudus menargetkan proses perbaikan jalan yang menjadi kewenangannya segera diselesaikan secepatnya.

“Kalau cuaca mendukung, H-10 Lebaran kita upayakan selesai semua,” lanjut Arief.

Target tersebut dikatakannya lebih cepat dari target yang ditentukan Kementerian PUPR, yakni H-7 Lebaran perbaikan jalan sudah selesai. Percepatan perbaikan jalan merupakan upaya PUPR mendukung arus mudik dan arus balik Lebaran tahun ini. rmol news logo article
EDITOR: AGUS DWI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA