Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

DKI Siagakan Ribuan Petugas dan Pompa Hadapi Banjir

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/widodo-bogiarto-1'>WIDODO BOGIARTO</a>
LAPORAN: WIDODO BOGIARTO
  • Sabtu, 23 Maret 2024, 03:03 WIB
DKI Siagakan Ribuan Petugas dan Pompa Hadapi Banjir
Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta menyiagakan petugas/satuan tugas (satgas) dan sarana prasarana dalam menanggulangi banjir/Ist
rmol news logo Pada Jumat dini hari (22/3), Jakarta diguyur hujan dengan curah hujan yang cukup tinggi dan dalam waktu yang cukup lama.

Terpantau curah hujan ekstrem terjadi di Semanan, Jakarta Barat, dengan intensitas 212 mm/hari dan di Pompa Tanjungan, Jakarta Utara, dengan intensitas 208 mm/hari.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Sumber Daya Air (SDA) Provinsi DKI Jakarta, Ika Agustin Ningrum mengatakan, Dinas SDA sudah menyiagakan petugas/satuan tugas (satgas) dan sarana prasarana dalam menanggulangi banjir, seperti pompa baik stasioner maupun mobile.

Menurut Ika, pompa stasioner membantu mengalirkan air di wilayah yang mengalami penurunan muka tanah, sementara pompa mobile digunakan untuk menangani genangan di berbagai lokasi yang sulit dijangkau oleh pompa stasioner.

“Berbagai cara kami upayakan dan sinergikan untuk mengantisipasi dan meminimalkan genangan yang terjadi,” kata Ika, Jumat (22/3).

Berdasar data per 15 Maret 2024, Dinas SDA DKI Jakarta telah menyiapkan 580 unit pompa stasioner, 557 unit pompa mobile, dan 845 pintu air yang tersebar di berbagai lokasi strategis.

Kemudian, ada 254 unit alat berat, 460 unit dump truck, dan pasukan biru sebanyak 4.226 personel yang siap siaga hadapi dampak musim hujan ini.

Dinas SDA DKI Jakarta juga menjaga kualitas operasional dengan melakukan perawatan rutin pada pompa-pompa tersebut.

Ika mengatakan, infrastruktur pengendali banjir di DKI Jakarta dirancang untuk menanggulangi curah hujan ekstrem dengan batas 150 mm/hari untuk infrastruktur makro dan 100 mm/hari untuk infrastruktur mikro.

Untuk itu, Dinas SDA DKI Jakarta juga rutin melakukan pengerukan di kali, waduk, saluran untuk mengangkat sedimen sehingga kapasitas saluran tetap optimal dalam menampung air guna meminimalkan terjadinya genangan saat musim hujan.

Selain itu, masyarakat dapat memantau informasi terkini mengenai wilayah terdampak banjir dan genangan, serta status ketinggian pintu air melalui link https://pantaubanjir.jakarta.go.id, https://poskobanjirdsda.jakarta.go.id, aplikasi JAKI, maupun akun Twitter @BPBDJakarta, juga Center Jakarta Siaga 112 apabila membutuhkan bantuan lebih lanjut.rmol news logo article



Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA