Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Banjir Berangsur Surut, Perjalanan KA di Stasiun Semarang Tawang Perlahan Normal

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/bonfilio-mahendra-1'>BONFILIO MAHENDRA</a>
LAPORAN: BONFILIO MAHENDRA
  • Jumat, 15 Maret 2024, 22:25 WIB
Banjir Berangsur Surut, Perjalanan KA di Stasiun Semarang Tawang Perlahan Normal
Suasana banjir yang surut di jalur kereta api dan di Stasiun Semarang Tawang, Semarang, Jawa Tengah, Jumat (15/2)./Ist
rmol news logo Banjir yang menggenangi beberapa titik jalur kereta api dan di Stasiun Semarang Tawang berangsur surut.

Manager Humas KAI Daop 4 Semarang Franoto Wibowo menyampaikan bahwa pada Jumat (15/3) pada pukul 14.13 WIB seluruh titik gangguan yang diakibatkan oleh banjir pada petak jalan Semarang Tawang - Alastua sudah surut dan dapat dilalui kembali oleh kereta api.

“Alhamdulillah mulai sore ini banjir sudah surut dan berhasil dilalui oleh Kereta Api dengan kecepatan terbatas sehingga perjalanan kereta api mulai kembali normal, dan KA Pertama yang melalui lokasi bekas terdampak banjir adalah KA no 166 Joglosemarkerto rute Semarang Tawang Bank Jateng- Solobalapan pukul 14.21," kata Franoto dalam keterangan tertulis.

Meski jalur sudah dapat dilalui oleh kereta, Franoto mengatakan perjalanan KA dapat dilakukan dengan kecepatan terbatas,

Sebab, kepadatan di lintas masih terjadi dan secara bertahap akan terurai.

"KAI akan terus melakukan normalisasi pada titik-titik tersebut hingga dapat dilalui kembali dengan kecepatan normal. Perbaikan yang dilakukan diantaranya berupa penambahan balas, pemadatan jalur, pembersihan saluran drainase di kanan kiri jalur rel, serta berbagai langkah lainnya untuk menormalkan kembali jalur KA," kata Franoto.

Di sisi lain, Franoto mengatakan selama terjadinya gangguan perjalanan KA, total terdapat 42 KA yang berjalan memutar melewati jalur selatan jawa serta 17 KA keberangkatan awal dari Daop 4 dibatalkan perjalanannya.

Ini juga berimbas pada 3.271 pelanggan yang membatalkan tiket KA nya.

Sebagai bentuk kompensasi kepada pelanggan, KAI juga memberikan pengembalian bea tiket hingga 100% bagi pelanggan yang terdampak. Pembatalan dapat dilakukan hingga tujuh hari setelah jadwal keberangkatan yang tertera pada tiket.

"KAI memohon maaf kepada seluruh pelanggan kereta api baik yang perjalanannya mengalami keterlambatan, maupun yang perjalanannya dibatalkan. Saat ini KAI terus berupaya secara maksimal agar jadwal perjalanan kereta api menjadi normal kembali," tutup Franoto.rmol news logo article
EDITOR: JONRIS PURBA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA