Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Atasi Lonjakan Harga Beras, Pemprov Jateng Bakal Gelar Operasi Pasar

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/adityo-nugroho-1'>ADITYO NUGROHO</a>
LAPORAN: ADITYO NUGROHO
  • Rabu, 21 Februari 2024, 03:14 WIB
Atasi Lonjakan Harga Beras, Pemprov Jateng Bakal Gelar Operasi Pasar
Ilustrasi Foto/Net
rmol news logo Pemerintah Provinsi Jawa Tengah (Pemprov Jateng) bersiap melakukan operasi pasar menyikapi kenaikan harga beras.

Hal itu disampaikan Sekretaris Daerah Provinsi Jateng, Sumarno seusai menghadiri acara pembukaan Rapat Kerja Kementerian Perdagangan di Hotel Padma, Kota Semarang, Selasa (20/2).

"Bulan-bulan ini sebenarnya sudah ada yang panen walaupun tidak serentak, mudah-mudahan dengan adanya panen akan menambah stok sehingga harga jual beras bisa turun," kata Sumarno dikutip Kantor Berita RMOLJateng.

Dia memperkirakan, menipisnya stok padi karena sentra padi di Jateng belum panen, sehingga harga jual beras jadi tinggi. Sedangkan, pada bulan April di Jateng diperkirakan panen serempak.

Upaya Pemprov Jateng berikutnya, lanjut dia, menangani produk padi di Kabupaten Demak baru saja terkena dampak banjir. Alhasil, harga beras tersebut turun dan sudah tidak diminati kembali di pasaran.

"Yang pertama adalah bagaimana supaya padi itu tidak tenggelam, minimal yang ada buahnya itu tidak tenggelam itu bisa di panen. Kemarin dari Kementerian Pertanian akan dibantu alat untuk menunjang traktor, asuransi dibantu masalah bibit yang nilainya 2 kali lipat dari lahan yang sekarang tergenang," pungkasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA