Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Masyarakat Diajak Gotong Royong Bantu Korban Bencana di Indonesia

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/widodo-bogiarto-1'>WIDODO BOGIARTO</a>
LAPORAN: WIDODO BOGIARTO
  • Jumat, 16 Februari 2024, 01:03 WIB
Masyarakat Diajak Gotong Royong Bantu Korban Bencana di Indonesia
Ketua Baznas RI, Prof. Noor Achmad/Ist
rmol news logo Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) RI terus mengajak masyarakat untuk bergotong royong dalam membantu korban terdampak bencana yang sedang terjadi di Indonesia.

Hal ini disampaikan Ketua Baznas RI, Prof. Noor Achmad dalam konferensi pers bertajuk "Aksi Baznas Dalam Mengatasi Bencana Banjir di Indonesia" pada Kamis (15/2).

"Selagi ada bencana di Indonesia pasti ada Baznas disitu, maka dari itu kami sampaikan ada beberapa daerah bencana yang terjadi saat ini yaitu terrjadi di 11 provinsi dan 46 kabupaten kota. Memang berbeda-beda kondisinya, ada yang gunung merapi seperti di Jawa Tengah, di gunung NTT, Lewatopi laki-laki, juga termasuk di Demak Jawa Tengah," kata Noor.

Khusus di Demak Jawa Tengah, kata Noor, bantuan Baznas terus dilanjutkan karena bencana banjir yang terjadi di wilayah tersebut diprediksi bisa tertangani dengan tuntas membutuhkan waktu yang tidak sebentar.

"Kita melanjutkan program tanggap darurat, evakuasi dan logistik termasuk juga mitigasi bencana seperti yang kita lakukan di Demak itu, ternyata meluas dari satu kecamatan menjadi tiga kecamatan, sekarang menjadi empat kecamatan. Diperkirakan sekitar 50 hari airnya harus disedot karena sulit untuk hilang," kata Noor.

Lebih lanjut, Noor, menyampaikan bahwa untuk penanganan awal bencana, Baznas memiliki Baznas Tanggap Bencana (BTB) yang diharapkan menjadi terdepan dalam bantuan terhadap masyarakat yang terdampak bencana.

"BTB juga terus melatih BTB yang ada di daerah, sehingga skil yang dimiliki BTB yang ada di daerah itu merata tidak hanya di pusat. Kemudian menjadi partner utama BTB. Ke depan kita berharap dapat melengkapi seluruh peralatan BTB karena sampai sekrang ini kebutuhan BTB sangat besar," demikian Noor.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA