Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Tahun Baru Imlek, Umat Khonghucu Diminta Doakan Pemilu Aman dan Damai

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/widodo-bogiarto-1'>WIDODO BOGIARTO</a>
LAPORAN: WIDODO BOGIARTO
  • Rabu, 07 Februari 2024, 10:09 WIB
Tahun Baru Imlek, Umat Khonghucu Diminta Doakan Pemilu Aman dan Damai
Kepala Pusat Bimbingan dan Pendidikan (Pusbimdik) Khonghucu, Susari/Ist
rmol news logo Kementerian Agama (Kemenag) akan menggelar perayaan nasional tahun baru Imlek 2575 Kongzili. Perayaan ini digelar Pusat Bimbingan dan Pendidikan (Pusbimdik) Khonghucu bekerja sama dengan Majelis Tinggi Agama Khonghucu Indonesia (MATAKIN).

Kepala Pusbimdik Khonghucu, Susari mengatakan, rangkaian perayaan imlek tahun 2575 antara lain dilaksanakan kegiatan bakti sosial hari persaudaraan dengan melakukan pembagian bingkisan bagi anak berkebutuhan khusus, kurang mampu, dan yatim piatu di Kabupaten Bogor.

Selain itu, ada pula pembagian kue keranjang bagi pegawai Kemenag di Jalan Thamrin, Jakarta Pusat, dan lomba jurnalistik dengan tema 'Imlek dan Moderasi Beragama'.

"Puncak perayaan nasional tahun baru Imlek 2575 Kongzili akan digelar pada 12 Februari 2024 di Balai Samudera, Jakarta," kata Susari dikutip dari laman Kemenag, Rabu (7/2).

Dikatakan Susari, perayaan nasional tahun baru Imlek dijadwalkan akan dihadiri oleh pejabat pemerintah, dan pimpinan nasional. Diundang juga para tokoh agama dan masyarakat, rohaniwan, serta tokoh dan umat Khonghucu.

"Kami perkirakan perayaan nasional tahun baru Imlek 2575 Kongzili akan dihadiri sekitar 2.000 peserta," kata Susari.

Susari berharap, perayaan tahun baru Imlek 2575 Kongzili dapat meningkatkan kesadaran umat Khonghucu dan semua komponen bangsa Indonesia, bahwa semuanya merupakan bagian integral dari bangsa Indonesia.

Menurutnya, mereka wajib turut menjaga persatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang Bhinneka Tunggal Ika berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia 1945.

"Dalam perayaan tahun baru Imlek 2575 Kongzili, kami juga mengajak dan mendoakan agar pemilu legislatif dan pemilu presiden dapat berlangsung aman, damai, lancar, langsung, bebas, rahasia, jujur, adil dan bermartabat," demikian Susari. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA