Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Wisatawan Diimbau Hati-hati Liburan di Daerah Rawan Bencana di Jabar

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/widodo-bogiarto-1'>WIDODO BOGIARTO</a>
LAPORAN: WIDODO BOGIARTO
  • Selasa, 16 Januari 2024, 10:35 WIB
Wisatawan Diimbau Hati-hati Liburan di Daerah Rawan Bencana di Jabar
Curug Hordeng di Kabupaten Bogor/Ist
rmol news logo Para wisatawan diimbau untuk berhati-hati saat berlibur di daerah di Jawa Barat. Sebab menurut prakiraan cuaca, hujan lebat masih akan terjadi dalam beberapa hari ke depan.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat Benny Bachtiar mengatakan, cuaca ekstrem yang terjadi beberapa hari terakhir harus diwaspadai, khususnya oleh para wisatawan yang memilih berlibur ke kawasan pantai, sungai, atau air terjun.

Kekhawatiran itu bukan tanpa alasan. Sebab beberapa waktu lalu, terjadi tanah longsor di area wisata dan sumber mata air Cipondok Kabupaten Subang.

Beberapa hari setelahnya, terjadi banjir bandang di Curug Hordeng, Kabupaten Bogor. Dalam video yang beredar di media sosial, sungai yang awalnya tenang berubah meluap deras hanya dalam hitungan detik.

"Melihat fenomena alam ini, diperkirakan akan terus terjadi curah hujan cukup besar di wilayah Jawa Barat. Selain itu sudah banyak terjadi tanah longsor di beberapa titik," kata Benny dikutip dari Kantor Berita RMOLJabar, Selasa (16/1).

"Maka dari itu, saya mengimbau kepada wisatawan untuk selalu hati-hati dalam mengadakan aktivitas wisata di daerah-daerah yang rawan bencana. Bahkan sebaiknya agar menghindari dulu destinasi yang rawan bencana demi keselamatan kita bersama," sambungnya.

Selain wisatawan, imbauan secara khusus juga diberikan kepada para pengelola destinasi pariwisata. Benny menyebut pihaknya telah membuat surat edaran kepada kabupaten/kota untuk mewaspadai cuaca ekstrem yang terjadi belakangan ini.

"Kepada pengelola wisata agar selalu siap melakukan antisipasi sekiranya akan terjadi bencana. Agar hal-hal yang tidak diinginkan dapat diantisipasi demi keselamatan kita bersama," pungkas Benny.rmol news logo article


Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA