Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Jalan Lintas Tengah Sumatera Kembali Rusak, Keselamatan Pengguna Terancam

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/adityo-nugroho-1'>ADITYO NUGROHO</a>
LAPORAN: ADITYO NUGROHO
  • Jumat, 10 November 2023, 04:15 WIB
Jalan Lintas Tengah Sumatera Kembali Rusak, Keselamatan Pengguna Terancam
Ruas jalan Lintas Tengah Sumatera (Jalintengsum) di wilayah Desa Gunung Besar yang mengalami kerusakan/RMOL Lampung
rmol news logo Baru hitungan bulan setelah diperbaiki, ruas jalan Lintas Tengah Sumatera (Jalintengsum) di wilayah Desa Gunung Besar, Kecamatan Abung Tengah hingga di wilayah Kecamatan Kotabumi Selatan, Lampung Utara sudah kembali rusak dan membahayakan pengguna jalan.

Ruas jalan Lintas Sumatera yang mengalami kerusakan parah, kedalamannya diperkirakan mencapai lebih dari 10-15 cm. Kerusakan berada di titik simpang tiga antara jalur lintas Bukit Kemuning - Kotabumi dan jalan untuk masuk ke Pasar Bonglai atau ke Kantor Camat Abung Tengah.

Anehnya, kerusakan jalan ini hanya terjadi di sebagian sebelah kiri, tapi disebelah kanannya enggak," kata Adi salah seorang pengguna jalan yang ditemui di lokasi, dikutip Kantor Berita RMOL Lampung, Kamis (9/11).

Menurutnya, kerusakan parah itu terjadi diduga kuat lantaran tonase muatan truk fuso yang bermuatan batu bara.

Hal itu didukung dengan fakta di lapangan bahwa ruas jalan yang mengalami kerusakan berada di bagian sebelah kiri jika pengguna jalan melalui jalur dari arah Bukit Kemuning ke Kotabumi.

"Kalau bukan karena mobil yang bawa muatan batu bara, mobil apa lagi," lanjut Adi.

Senada dengan Adi, Saipul, salah seorang pengguna jalan menuturkan, akibat kerusakan jalan itu sudah beberapa kali terjadi kecelakaan pada titik kerusakan jalan tersebut.

"Mungkin lebih dari 30 kecelakaan motor, kalau mobil pernah tabrakan karena menghindari jalan rusak itu, mungkin setir mobil nya lari dari jalur" ucap Saipul.

Selain pada titik jalan itu, kerusakan juga terjadi pada ruas jalan yang ada di wilayah Kecamatan Kotabumi Selatan, ya itu ada di wilayah Simpang Talang Surabaya. Tepatnya di Desa Bandar Putih.

Diharapkannya, agar pihak-pihak terkait untuk memperhatikan fasilitas umum yang dalam hitungan bulan diperbaiki telah mengalami kerusakan.

"Baru beberapa bulan selesai dibagusin, tapi faktanya sekarang sudah rusak sebelah jalan itu, semua itu karena apa," ucap Saipul.

"Semoga pihak-pihak terkait bisa cepat melakukan perbaikan lagi, sebelum tambah parah," tandasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA