Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Waspada Cacar Monyet, di Jakarta Kasus Positif Aktif Ada 7 Pasien

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/widodo-bogiarto-1'>WIDODO BOGIARTO</a>
LAPORAN: WIDODO BOGIARTO
  • Selasa, 24 Oktober 2023, 09:14 WIB
Waspada Cacar Monyet, di Jakarta Kasus Positif Aktif Ada 7 Pasien
Plt. Kepala Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, Ani Ruspitawati/Ist
rmol news logo Masyarakat diharapkan menjaga kebersihan diri dengan menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dalam upaya mencegah penularan penyakit monkeypox atau cacar monyet di wilayah DKI Jakarta.

Plt. Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi DKI Jakarta, Ani Ruspitawati mengatakan, salah satu cara yang bisa dilakukan masyarakat untuk mencegah penularan cacar monyet adalah rajin memakai masker dan mencuci tangan dengan sabun di air mengalir, terutama jika sedang sakit dan bertemu orang sakit.

Selain itu, kata Ani, juga perlu menjaga kesehatan reproduksi dengan baik dan saling setia dengan pasangan.

Dinkes DKI mencatat, hingga Minggu (22/10) terdapat tujuh kasus terkonfirmasi cacar monyet yang ditemukan di Jakarta.

Seluruh kasus yang ditemukan sejauh ini adalah pasien laki-laki dengan rentang usia 26-32 tahun.

Menurut Ani, hingga saat ini kondisi pasien dalam keadaan yang cukup baik dan masih menjalani isolasi di beberapa rumah sakit di DKI Jakarta.

“Untuk memutus rantai penularan, kami melakukan tracing pada kontak erat pasien," kata Ani dikutip dari Kantor Berita RMOLJakarta, Selasa (24/10).

Ani mengimbau masyarakat yang melakukan kontak erat dengan pasien cacar monyet agar kooperatif saat dihubungi tenaga kesehatan dan bersedia untuk dilakukan pemeriksaan di fasilitas kesehatan yang ditunjuk.

Lebih lanjut, Ani mengungkapkan, secara global jumlah kumulatif pertama kali ditemukannya penyakit cacar monyet yang terkonfirmasi yaitu sebanyak 91.123 kasus di 115 negara dengan jumlah kematian 157 orang.

Adapun negara yang melaporkan kasus terbanyak pada bulan September 2023 adalah China (365 kasus), Thailand (144 kasus), Portugal (86 kasus), dan Amerika Serikat (72 kasus).

Ani menerangkan, beberapa tanda dan gejala khas penyakit cacar monyet di antaranya terjadi demam, nyeri tulang dan otot, lenting isi air atau luka pada kulit, adanya benjolan atau pembesaran kelenjar getah bening di ketiak, leher, atau lipat paha.

"Hindari kontak kulit langsung dengan pasien monkeypox yang memiliki luka kulit atau lenting isi air di kulitnya,” saran Ani.

Ani menambahkan, penderita cacar monyet harus menjalani isolasi dengan baik sampai sembuh sempurna. Apabila masyarakat menemukan atau mengalami gejala cacar monyet tersebut, dapat segera datang ke fasilitas kesehatan terdekat untuk dilakukan pemeriksaan laboratorium lebih lanjut.

Sedangkan bagi orang yang telah berkontak erat dengan penderita kasus positif, diharapkan segera melapor untuk dilakukan pemeriksaan deteksi dan pengobatan dini. rmol news logo article




Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA