Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kerahkan Pesawat Cassa U-6215, TNI AL Gercep Evakuasi Peserta Jambore di Pulau Bawean

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/adityo-nugroho-1'>ADITYO NUGROHO</a>
LAPORAN: ADITYO NUGROHO
  • Kamis, 19 Oktober 2023, 01:53 WIB
Kerahkan Pesawat Cassa U-6215, TNI AL Gercep Evakuasi Peserta Jambore di Pulau Bawean
Evakuasi medis TNI AL terhadap peserta Jambore di Pulau Bawean/Ist
rmol news logo Aksi gerak cepat TNI Angkatan Laut (TNI AL) melaksanakan evakuasi medis yang dilaksanakan Komando Armada II terhadap salah seorang siswi bernama Adinda Putri Syaharani mendapat acungan jempol.

Adinda Putri Syaharani merupakan peserta kegiatan Jambore Kwartir Cabang Gresik di Pulau Bawean Desa Sukalela, Kecamatan Tambak, Kabupaten Gresik, Selasa (17/10). Dia merupakan anggota regu Seruni Kwarran Wringinanom Gresik dalam kegiatan Jambore yang mengalami kecelakaan sehingga tidak sadarkan diri.

Kejadian terjadi sekitar pukul 14.00 WIB, Senin (16/10). Pada saat itu, Adinda Putri Syaharani sedang melintas di jalan poros desa, dan tiba-tiba terjadi angin kencang datang sehingga menyebabkan tenda acara terbalik menimpa korban di bagian kepala pelipis kanan atas.

Sesaat setelah kejadian, korban yang awalnya sadar, beberapa menit kemudian muntah dan akhirnya tidak sadarkan diri. Melihat hal tersebut, korban segera dibawa ke Rumah Sakit Umar Mas'ud, Kecamatan Sangkapura Bawean, untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut. Hingga berita ini diturunkan, korban masih dalam kondisi tidak sadarkan diri.

Koarmada II menerima informasi atas kejadian tersebut dan permintaan bantuan evakuasi dari Pemerintah Daerah (Pemda) setempat.

Panitia Jambore juga melayangkan permintaan Evakuasi Medis Udara (EMU). Tak menunggu lama, koordinasi satuan terkait yakni Koarmada II, Puspenerbal dan Rumah Sakit Angkatan Laut melaksanakan evakuasi dengan mengerahkan Pesawat Udara (Pesud) Cassa U-6215 dari Bandara Bawean menuju Bandara Juanda.

Proses evakuasi atas kondisi darurat tersebut dapat segera dilaksanakan dan korban segera mendapatkan penanganan oleh tim medis di Rumah Sakit Pusat Angkatan Laut (RSPAL) dr. Ramelan Surabaya.   

Di tempat terpisah dalam keterangannya, Pangkoarmada II Laksda TNI Yayan Sofiyan,  menginstruksikan jajarannya untuk cepat tanggap dan memberikan pertolongan kepada masyarakat yang membutuhkan kehadiran TNI AL.

Aksi tanggap darurat ini sebagai wujud kepedulian kepada masyarakat yang selalu disampaikan Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali di berbagai kesempatan kepada prajuritnya.

Bahwasannya, TNI AL  selalu berperan aktif secara profesional dalam setiap kesempatan sebagai salah satu perwujudan tugas TNI AL dalam Operasi Militer Selain Perang (OMSP), sehingga keberadaan prajurit bermanfaat bagi masyarakat sekelilingnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA