Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Jelang Hari Santri 2023, Stafsus Wapres Resmikan Pos Kesehatan Pesantren

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Sabtu, 14 Oktober 2023, 12:45 WIB
Jelang Hari Santri 2023, Stafsus Wapres Resmikan Pos Kesehatan Pesantren
Peresmian Poskestren di Pondok Pesantren (Ponpes) KHAS Kempek asuhan KH Mustofa Aqil Syiradj, di Cirebon, Jawa Barat, Jumat (13/10)/Ist
rmol news logo Jelang peringatan Hari Santri Nasional 2023 yang jatuh pada 22 Oktober mendatang, Nahdlatul Ulama (NU) Circle menggagas pendirian pos kesehatan pesantren (Poskestren).

Salah satu pendirian Poskestren dilakukan NU Circle bersama Pondok Pesantren (Ponpes) KHAS Kempek, di Cirebon, Jawa Barat. Poskestren ini diresmikan langsung oleh Staf Khusus Wakil Presiden Maruf Amin, R Gatot Prio Utomo, Jumat kemarin (13/10).

"Alhamdulillah kerja sama NU Circle dan Ponpes KHAS Kempek berhasil melahirkan karya nyata untuk santri Indonesia, yaitu berdirinya Pos Kesehatan Pesantren," ujar Gatot dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (14/10).

Kesehatan santri adalah modal utama santri untuk membangun peradaban Indonesia di masa yang akan datang. Sehingga menurutnya, menjadi sehat merupakan syarat terbebas dari gizi buruk dan stunting.

"Stunting adalah salah satu tantangan besar yang kita hadapi. Bayangkan, satu dari tiga anak Indonesia mengalami stunting. Ini bukan hanya angka, tetapi juga potret masa depan bangsa kita yang mungkin terancam," tuturnya.

Dengan kehadiran Poskestren, Gatot meyakini para santri dapat belajar dan meningkatkan prestasinya dengan baik, dan maksud pendiriannya sebagai visi besar NU Circle dapat terwujud.

"Visi besar NU Circle mendirikan Poskestren adalah membangun masyarakat profesional santri dan meningkatkan kesejahteraan warga nahdliyin," urainya.

Gatot berharap, santri harus sehat dan profesional, sehingga kehadirannya di dalam negeri dan dunia global akan mewarnai dan memberikan manfaat serta inspirasi bagi masyarakat luas. rmol news logo article
EDITOR: DIKI TRIANTO

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA