Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Namanya Dicatut Mubes Bamus Betawi Akal-akalan, Senator Jakarta Protes

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/widodo-bogiarto-1'>WIDODO BOGIARTO</a>
LAPORAN: WIDODO BOGIARTO
  • Rabu, 11 Oktober 2023, 02:02 WIB
Namanya Dicatut Mubes Bamus Betawi Akal-akalan, Senator Jakarta Protes
Sekretaris Jenderal Bamus Betawi, Tahyudin Aditya/RMOL
rmol news logo Gelaran Musyawarah Besar Badan Musyawarah (Bamus) Betawi VIII di Al Jazeera Polonia Hall, Jalan Cipinang Cempedak I, Jatinegara, Jakarta Timur pada Minggu (8/10), berbuntut panjang.

Mubes Bamus Betawi yang memilih Mohammad Rifky alias Eki Pitung sebagai ketua umum dianggap akal-akalan.

Sekretaris Jenderal Bamus Betawi, Tahyudin Aditya mengatakan, kepengurusan sah dan diakui Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) RI, Ketua Umum adalah Riano P. Ahmad berdasarkan hasil Mubes Bamus Betawi pada 30 Agustus 2023 di Padepokan Pencak Silat TMII, Jakarta Timur.

"Kami sangat menyesalkan Eki Pitung yang tidak mau secara jantan bersaing dengan Bang Riano dalam Mubes di Padepokan Pencak Silat," kata Tahyudin di Kawasan Tebet, Jakarta Selatan, Selasa malam (10/10).

"Ini kok malah gelar mubes akal-akalan yang tidak mengacu AD/ART," imbuhnya menyesalkan.

Tahyudin menjelaskan, tindakan Eki Pitung dengan mencatut sejumlah nama tokoh Betawi dalam Majelis Adat Bamus, merupakan tindakan yang sudah melampaui batas.

"Kita sudah konfirmasi ke tokoh-tokoh itu, mulai dari Prof. Dailami Firdaus, Prof. Sylviana Murni, Prof. Baharullah Akbar, dan lainnya. Hasilnya, para tokoh Betawi itu menyatakan tidak ada konfirmasi dan mereka tidak bersedia namanya dibawa-bawa dalam bamus akal-akalan Eki Pitung," kata Tahyudin.

Atas tindakan Eki Pitung yang mengatasnamakan Bamus Betawi, kata Tahyudin, maka kepengurusan resmi Bamus Betawi yang diakui Kemenkumham RI akan membuat laporan resmi ke Polda Metro Jaya.

"Insya Allah kami akan laporkan besok. Bagi tokoh-tokoh Betawi yang merasa namanya juga dicatut juga kami persilahkan untuk mengajukan keberatan dan membuat laporan," kata Tahyudin.

Salah seorang tokoh Betawi yang namanya dicatut sebagai pengurus Majelis Adat Bamus Betawi Eki Pitung adalah Profesor Dailami Firdaus. Anggota DPD RI itu menegaskan, tidak dikonfirmasi perihal hal tersebut.

"Saya nggak pernah dihubungi. Kalau pun diminta saya tidak akan mau. Si Eki asal aja nyatut nama orang," kata Dailami.

Adapun Riano P. Ahmad merupakan ketua umum sah Bamus Betawi berdasarkan Surat Keputusan Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) RI Nomor: AHU-0001281.AH.01.08.Tahun 2023 tertanggal 15 September 2023 tentang Persetujuan Perubahan Perkumpulan Badan Musyawarah Betawi. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA