Idul Adha
Dimensy.id Mobile
Selamat Idul Adha Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Gunakan Hikayat, WHO Indonesia Sosialisasi Kesehatan untuk Warga Aceh

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/adityo-nugroho-1'>ADITYO NUGROHO</a>
LAPORAN: ADITYO NUGROHO
  • Senin, 18 September 2023, 03:56 WIB
Gunakan Hikayat, WHO Indonesia Sosialisasi Kesehatan untuk Warga Aceh
Pementasan hikayat untuk sosialisasi kesehatan di Banda Aceh/Ist
rmol news logo Puluhan warga Kota Banda Aceh dan Aceh Besar antusias menyaksikan hikayat bertajuk “Sehat Keu Geutanyoe”. Kegiatan yang digagas oleh World Health Organization (WHO) Indonesia ini berlangsung di Museum Tsunami, Banda Aceh, Minggu (17/9).

Dalam membawakan hikayat, pendongeng Riky menyampaikan pentingnya kesehatan kepada para ibu, misalnya seperti penggunaan Air Susu Ibu (ASI) bagi perkembangan bayi

“ASI makanan bayi yang that sempurna, wahe Umi ASI penteng untuk aneuk geutanyo (ASI makanan bayi paling sempurna, wahai Umi ASI penting untuk anak kita),” ujar Riky dikutip Kantor Berita RMOLAceh.

Namun, kata dia dalam hikayatnya, saat ini banyak kaum ibu yang tidak memberikan ASI kepada anak dan menggantikannya dengan susu kaleng buatan pabrik. Padahal ASI sangat dibutuhkan bayi hingga usia dua tahun.

“Anugerah Tuhan dari ASI baik untuk kekuatan bayi,” jelasnya.

Pada pesan akhirnya, pendongeng Riky juga mengingatkan masyarakat yang hadir untuk membawa para anak mengikuti imunisasi secara lengkap di Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) terdekat.

Tambah dia, membawa anak untuk melakukan ini isi bukan hanya dilakukan oleh kaum ibu melainkan diperlukan keikutsertaan ayah.

“Tuhan karuniakan tubuh baik sehat, urusan imunisasi abi umi harus kerja sama supaya 100 persen anak Aceh terimunisasi,” ujarnya.

Dalam tampilannya, edukasi kesehatan melalui hikayat tersebut juga dilengkapi dengan tampilan grafik ilustrasi secara recording oleh ilustrator asal Bandung bernama Agah Nugraha Muharam. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA