Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Implementasikan Tridharma Perguruan Tinggi, Mahasiswa PKN STAN Gelar Program Mitra Desa

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/adityo-nugroho-1'>ADITYO NUGROHO</a>
LAPORAN: ADITYO NUGROHO
  • Senin, 21 Agustus 2023, 04:27 WIB
Implementasikan Tridharma Perguruan Tinggi, Mahasiswa PKN STAN Gelar Program Mitra Desa
Program Mitra Desa mahasiswa PKN STAN/Ist
rmol news logo Politeknik Keuangan Negara Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (PKN STAN) mengembangkan program Mitra Desa sebagai bentuk pengabdian masyarakat. Program ini bekerjasama dengan masyarakat desa di Provinsi Banten.

Program ini bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan memajukan desa mitra serta menjadi representasi langsung dari salah satu aspek Tridharma Perguruan Tinggi, yaitu pengabdian kepada masyarakat.

Dengan mengusung tema “Satu Hati, Satu Tekad, Mengabdi untuk Negeri”, program ini menggalang kerja sama dengan masyarakat desa untuk mengidentifikasi masalah yang dihadapi dan selanjutnya bersama-sama merancang solusi yang tepat meningkatkan kesejahteraan dan pembangunan desa.

Koordinator Pelaksana Program Annisa Maharani, menyatakan aktivitas program ini sendiri meliputi kegiatan pemberdayaan masyarakat, pelayanan, dan pemberian edukasi pada masyarakat secara berkelanjutan dan fokus tahapan pada bidang ekonomi, pendidikan, maupun lingkungan.

"Salah satu aktivitas menarik dari program ini ialah pendampingan pemasaran UMKM Desa yang fokus pada pemasaran secara daring (online) melalui marketplace. Pendampingan ini sendiri meliputi pendampingan teknis pembuatan akun toko di penyedia layanan perdagangan daring (marketplace), pendampingan teknis promosi dan foto produk di marketplace, pendampingan teknis pengelolaan keuangan toko di marketplace, hingga pendampingan teknis pemasaran secara daring di marketplace," ungkap Annisa dalam keterangannya, Minggu (21/8).

Lebih lanjut, dia menuturkan, aktivitas ini juga untuk membantu keinginan masyarakat terkait kelestarian alam. Keinginan tersebut dituangkan dalam bentuk proposal, selanjutnya akan diserahkan kepada instansi terkait.

"Saat ini mereka juga sedang menyusun proposal yang ditujukan kepada salah satu Badan Layanan Umum (BLU) Kemenkeu. Kami juga susun proposal untuk BPDLH yang sedang mencari objek untuk penyerapan dana bergulir di bidang lingkungan hidup,” tuturnya.

Sementara itu, Wakil Ketua Umum IKANAS STAN, Taufik Supriyadi, berkesempatan mengunjungi para Mahasiswa PKN STAN yang sedang melaksanakan program Mitra Desa 2023 di Desa Sudamanik, Pandeglang, Banten beberapa waktu lalu.

Dalam kesempatan itu, Taufik berpesan agar para peserta program Mitra Desa ini senantiasa menjaga integritas dan berbuat baik.

“Jaga integritas, berbuat baik tidak harus menunggu kaya. Sekecil apapun pemberian kita kepada orang lain pasti bermanfaat,” ungkap Alumni STAN Angkatan 1995 tersebut.

Taufik juga menekankan kepada para peserta untuk senantiasa bersyukur dan selalu berbagi dengan sesama. Selain itu, dia juga berharap para calon abdi negara tersebut menjadi pribadi yang kuat dengan selalu memberikan yang terbaik di manapun tempat mereka berada nantinya.

“Sekecil apapun pemberian kita kepada orang lain pasti bermanfaat. Jangan pernah menyerah, tunjukkan yang terbaik di mana pun kita berada. Tadi saya nasihati itu kepada mereka sebelum pulang,” pungkasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA