Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

HUT ke-78 RI, 17 Kegiatan Masuk Rekor Muri

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/jamaludin-akmal-1'>JAMALUDIN AKMAL</a>
LAPORAN: JAMALUDIN AKMAL
  • Minggu, 20 Agustus 2023, 22:51 WIB
HUT ke-78 RI, 17 Kegiatan Masuk Rekor Muri
Tari Bidu Tais Mutin dengan penari rerbanyak, 2.000 penari/Net
rmol news logo Dalam menyambut dan memeriahkan HUT ke-78 Kemerdekaan RI, Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) mencatat 17 kegiatan prestasi yang dilakukan berbagai lapisan masyarakat di Tanah Air.

Belasan kegiatan prestasi yang mendapatkan rekor MURI merupakan bagian dari wujud kebanggaan menjadi bangsa yang merdeka dan berdaulat, termasuk hampir seluruh lapisan masyarakat Indonesia melakukan upacara bendera serta kegiatan dengan ciri khasnya masing-masing.

Prestasi-prestasi yang telah tercatat dalam MURI, yakni kategori Pengecatan Gapura Merah Putih Terbanyak (24.349 Gapura Merah Putih) yang diselenggarakan Nippon Paint di Jakarta, Sabtu (12/8).

Selanjutnya, Pagelaran Tari Bidu Tais Mutin Penari Terbanyak (2.000 Penari) yang diselenggarakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malaka di Malaka pada Selasa (15/8); kategori Sajian Akar Bilan Terbanyak (2.000 Sajian) yang diselenggarakan Pemkab Malaka di Malaka pada Selaaa (15/8).

Kemudian, Pengibaran Bendera Merah Putih Terbanyak di Puncak Gunung (1.945 Bendera) yang diselenggarakan Pengkalan TNI Angkatan Udara (AU) Sugiri Sukani, Koopsud 1 di Gunung Ciremai pada Kamis (17/8); kategori Memakai Busana Adat Samin Peserta Terbanyak (5.731 peserta) yang diselenggarakan Pemkab Blora di Blora pada Rabu (16/8).

Lalu, Sajian Sega Berkat (Bungkus Godhong Jati) Terbanyak (9.640 sajian) yang diselenggarakan Pemkab Blora di Blora pada Rabu (16/8); kategori Rangkaian Kaligrafi Asmaul Husna Terpanjang (1.500 meter) yang diselenggarakan UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung dan Dewan Eksekutif Mahasiswa UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung di Tulungagung pada Kamis (17/8).

Selanjutnya, Pembentangan Rangkaian Bendera Merah Putih Terpanjang (7,8 kilometer) yang diselenggarakan Pemkab Konawe Utara di Konawe Utara pada Kamis (17/8); kategori Pembentangan Rangkaian Bendera Merah Putih Berbusana Kain Tradisional Peserta Terbanyak (10.078 Peserta) yang diselenggarakan Pemkab Konawe Utara pada Kamis (17/8).

Kemudian, Sujud Syukur secara Serentak oleh Peserta Terbanyak (77.178 peserta) yang diselenggarakan Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Totok Imam Santoso di Makassar pada Rabu (16/8); kategori Jalan Sehat Mengenakan Tutup Kepala Khas Daerah Terbanyak ( Dari 34 provinsi di Indonesia) yang diselenggarakan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah dan keluarga besar BUMD Jawa Tengah di Brebes pada Jumat (18/8).

Lalu, Jalan Sehat secara Serentak Peserta Terbanyak (420.412 peserta) yang diselenggarakan Gubernur Sumatera Selatan, Andi Sudirman Sulaiman di Makassar pada Kamis (17/8); kategori Pertunjukan Musik di Lokasi Tertinggi (4.285 mdpl) yang diselenggarakan PT Freeport Indonesia di Grasberg Mine Papua pada Rabu (16/8).

Selanjutnya, Pameran Alutsista/Material Tempur Bawah Laut Pertama yang diselenggarakan TNI Angkatan Laut (AL) di Kepulauan Seribu pada Kamis (17/8); kategori Pembentangan Kain Merah Putih Terpanjang di Atas Rawa (5.000 meter) yang diselenggarakan Pemkab Mappi dan Pemprov Papua Selatan di Mappi pada Jumat (18/8).

Kemudian, Miniatur Gedung Sate dari Ketan Bakar Terbanyak (2.023 ketan) yang diselenggarakan Dusun Bambu Outdoor Dining Resort, Indonesian Chef Association BPC Bandung Barat, dan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Bandung Barat di Bandung Barat pada Sabtu (19/8); serta kategori Pembentangan Bendera Merah Putih Terbesar oleh Tenaga Kesehatan (15x30 meter) oleh Direktur RSUD Dr. Saiful Anwar Provinsi Jawa Timur, Moch Bachtiar Budianto dan Wakil Direktur Umum dan Keuangan RSUD Dr. Saiful Anwar Provinsi Jawa Timur, R. Henggar Sulistiarto di Malang pada Jumat (18/8).

Seperti diketahui, MURI merupakan lembaga pencatatan rekor pertama dan tertua di Indonesia yang hadir sejak 27 Januari 1990, untuk mengapresiasi segala bentuk karsa maupun karya yang diciptakan oleh insan Indonesia.

Memiliki visi mengobarkan semangat kreativitas dan kebanggaan nasional dari segenap komponen masyarakat Indonesia, MURI mencatat dan mendokumentasikan beragam prestasi superlatif putra-putri Indonesia di bidang keahlian masing-masing, serta menjadi sarana pencatat sejarah yang menginspirasi profesionalisme dan integritas generasi penerus. rmol news logo article
EDITOR: IDHAM ANHARI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA