Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Terbentang 90 KM, Pembangunan MRT Jalur Timur-Barat Siap Dimulai

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-alfian-1'>AHMAD ALFIAN</a>
LAPORAN: AHMAD ALFIAN
  • Senin, 07 Agustus 2023, 17:55 WIB
Terbentang 90 KM, Pembangunan MRT Jalur Timur-Barat Siap Dimulai
Penyerahan Dokumen Basic Engineering Design (BED) MRT Jalur Timur-Barat Fase 1 Tahap 1 oleh Kementerian Perhubungan kepada Pemprov DKI Jakarta/Ist

rmol news logo Pembangunan MRT jalur timur-barat akan segera dimulai. Hal ini ditandai dengan penyerahan Dokumen Basic Engineering Design (BED) MRT Jalur Timur-Barat Fase 1 Tahap 1 oleh Kementerian Perhubungan kepada Pemprov DKI Jakarta.

Dokumen BED diserahkan langsung Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi kepada Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono, Senin (7/8).


Menhub menegaskan, proyek MRT Jalur Timur-Barat merupakan Proyek Strategis Nasional (PSN). Penyerahan BED ini diharapkan memberikan dampak positif untuk perkembangan kemajuan masyarakat pada masa yang akan datang.

"Saya titipkan proyek ini kepada Direktorat Jenderal Perkeretaapian selaku pembina sektor perkeretaapian untuk mengkoordinasikan dengan stakeholder terkait, termasuk Pemprov DKI Jakarta," kata Menhub.

Budi berpesan, setelah dokumen BED diserahkan, Pemprov DKI Jakarta dapat segera menunjuk institusi di bawah kendali dan kewenangannya untuk melaksanakan pembangunan proyek.

Menurut Budi, hal ini perlu dilakukan agar pembangunan dapat segera dilakukan sebagaimana arahan dari Presiden Joko Widodo.

“Diharapkan groundbreaking dapat dilakukan pada bulan Agustus 2024,” tegas Budi.


Pembangunan MRT Jalur Timur-Barat merupakan bagian dari pengembangan jaringan MRT Jalur Utara-Selatan yang merupakan tulang punggung jaringan transportasi massal berbasis rel di DKI Jakarta dan kawasan penyangga di sekitarnya.


Pada Fase 1 Tahap 1 ini, pengembangan MRT koridor Timur-Barat akan meliputi jalur dari Tomang sampai dengan Medan Satria. Jika keseluruhan koridor sudah tersambung, maka koridor ini akan membentang sepanjang 90 km dari Balaraja di Tangerang hingga Cikarang, serta melintasi tiga provinsi, dua kabupaten, dan tiga kota.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA