Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Hadiri Pelantikan Perwira Muda TNI-Polri, Bamsoet Wanti-wanti Ancaman Global

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-alfian-1'>AHMAD ALFIAN</a>
LAPORAN: AHMAD ALFIAN
  • Rabu, 26 Juli 2023, 16:38 WIB
Hadiri Pelantikan Perwira Muda TNI-Polri, Bamsoet Wanti-wanti Ancaman Global
Ketua MPR Bambang Soesatyo menghadiri pelantikan 833 perwira TNI dan Polri oleh Presiden Joko Widodo,di Istana Merdeka/Ist
rmol news logo Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo, menyaksikan pelantikan 833 perwira TNI dan Polri oleh Presiden Joko Widodo dalam Upacara Prasetya Perwira (Praspa) TNI-Polri, di Istana Merdeka, Rabu (6/7).

Para perwira yang dilantik merupakan lulusan 2023 dari Akademi Militer, Akademi Angkatan Laut, Akademi Angkatan Udara, dan Akademi Kepolisian.

"Tugas berat kini berada di pundak mereka sebagai anak bangsa yang bertugas menjaga kedaulatan, pertahanan dan keamanan bangsa dan negara. Terlebih saat ini kita berada dalam dunia yang jauh berbeda dibanding era sebelumnya," kata Bamsoet, sapaan akrabnya.

Pelantikan para perwira muda itu didasarkan pada Keputusan Presiden RI Nomor 52 TNI Tahun 2023 dan Nomor 53 Polri Tahun 2023 tentang Pengangkatan Taruna dan Taruni Akademi TNI dan Akademi Kepolisian Menjadi Perwira TNI dan Perwira Kepolisian RI.

"Dinamika lingkungan strategis dan laju peradaban zaman diwarnai kompetisi dan perebutan pengaruh negara-negara besar, yang telah menempatkan Indonesia pada pusaran kepentingan global," sambung Wakil Ketua Umum Partai Golkar itu.

Karena itu, Bamsoet mengingatkan, jika tidak siap dan waspada, bangsa Indonesia bisa tergilas dalam kompetisi global yang tidak mengenal batasan ruang dan waktu.

Berbaurnya ancaman militer dan non-militer juga turut mendorong terciptanya dilema geopolitik dan geostrategis global yang sulit diprediksi dan diantisipasi.

Hadir antara lain, Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin, Menko Polhukam Mahfud Md, Menhan Prabowo Subianto, Panglima TNI Laksamana Yudo Margono, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, serta Sekkab Pramono Anung dan Kepala Staf Kepresidenan RI, Moeldoko.rmol news logo article
EDITOR: ACHMAD RIZAL

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA