Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Hemat Biaya Pakan Budidaya Ikan Air Tawar, Masyarakat Dilatih Ternak Maggot

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Kamis, 13 Juli 2023, 14:55 WIB
Hemat Biaya Pakan Budidaya Ikan Air Tawar, Masyarakat Dilatih Ternak Maggot
Budidaya maggot atau larva/Net
rmol news logo Peluang keuntungan bisnis dari budidaya ikan air tawar, bisa dimaksimalkan jika pembudidaya mampu memproduksi pakan secara mandiri. Salah satu potensi pakan mandiri adalah budidaya maggot atau larva.

Hal tersebut dikatakan Direktorat Relawan Sandiaga Uno Faizal Fiqri dalam Pelatihan Budidaya Ikan Air Tawar dan Pakan Mandiri Maggot yang digelar Sahabat Sandiun di Kota Cirebon, Jawa Barat, Kamis (12/7).

Dengan menghadirkan mentor yang terlatih, kata Faizal, kegiatan pelatihan ini mendapatkan sambutan hangat dengan antusiasme ratusan warga Cirebon untuk menjadi peserta.

Sebelum digelar pelatihan, katanya, mentor atau pemateri sudah melakukan survei untuk melihat potensi budidaya ikan di wilayah itu.

"Pemateri yang kami hadirkan sudah survei melihat situasi di wilayah ini, dan memang cocok untuk budidaya ikan gurami dan ikan lele," ujar Faizal.

Faizal menyebutkan, kepada peserta yang mayoritas bukan pembudidaya ikan, pemateri juga diberikan tips untuk menghemat biaya pakan ikan air tawar yang relatif mahal dengan cara membuat pakan mandiri jenis maggot.

"Kita melihat 95 persen peserta yang hadir ini memang bukan dari pelaku pembudidaya ikan air tawar, jadi kita berikan pelatihan dari awal. Harapannya, akan hadir pembudidaya ikan air tawar baru sehingga tercipta peluang bisnis," terangnya.

Kegiatan pelatihan dari Relawan Sandiaga Uno ini mendapat respon baik dari warga sekitar. Tata, salah satu peserta mengatakan, ada wawan baru dalam pelatihan ituk untuk memulai budidaya ikan air tawar.

Tata yang seorang pensiunan, mengatakan, dia sudah punya kolam ikan namun kondisinya terbengkalai karena kurangnya pengetahuan dan wawasan untuk cara budidaya ikan.

"Saya sangat senang kegiatan ini sangat menambah wawasan saya dan artinya ini juga buat bahan saya di masa pensiun ini," tuturnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA