Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Hasil Pelatihan Misi Taiwan, Petani Sumatera Utara Panen Bawang Melimpah

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Kamis, 13 Juli 2023, 02:52 WIB
Hasil Pelatihan Misi Taiwan, Petani Sumatera Utara Panen Bawang Melimpah
Acara panen bawang di Sumatera Utara/Ist
rmol news logo Petani di Sumatera Utara memanen produk pertanian, khususnya bawang, dengan melimpah. Panen ini merupakan hasil dari pelatihan yang didapat petani dari Taiwan Technical Mission (TTM) di Indonesia.

Taipei Economic and Trade Office (TETO) menugaskan misi TTM dalam rangka membantu pemerintah Indonesia untuk menjalankan kebijakan peningkatan swasembada pangan. Pengerahan ini dilakukan melalui kerja sama dengan Kemenko bidang Kemaritiman dan Investasi.

Pada awal tahun, telah dimulai “Proyek Produksi dan Pemasaran Bawang Merah dan Bawang Putih di Provinsi Sumatera Utara”. Kemudian pada 4 Juli 2023 telah diadakan acara presentasi hasil perdana dari proyek, yaitu acara panen bawang merah dan acara penanaman bawang putih yang terbuka untuk umum.

Dalam keterangan yang diterima redaksi pada Rabu (12/7), presentasi ini dihadiri oleh Kepala TETO, John Chen bersama Deputi Menteri Kemenko Marves, Nani Hendiarti dan Bupati Kabupaten Humbang Hasundutan, Dosmar Banjarnahor.

Presentasi menunjukkan hasil yang luar biasa dari dari area percontohan seluas 5 hektar. Total sekitar 2 hektar bawang merah ditanam di area percontohan pada putaran pertama, dan menunjukkan hasil yang sangat baik. Panen juga menghasilkan 1,5 kali lipat lebih banyak dibanding hasil panen petani lokal.

Peningkatan hasil panen ini sebagai hasil pelatihan dari TTM, yang meliputi bimbingan teknis, termasuk diantaranya mengatur kemiringan tanah, meningkatkan kandungan organik dalam tanah, menyiapkan saluran irigasi, dan juga pembangunan waduk.

Selain bawang, TTM juga memamerkan hasil sayuran bergilir seperti kol varietas Taiwan, dengan berat satu butir kol yang mencapai 5 kg atau 2,5 kali lipat lebih berat dibanding kol varietas lokal, dan mendapat banyak pujian dari petani dan pedagang lokal.

Pada kesempatan itu, TTM mendemonstrasikan cara memanfaatkan daun bawang merah untuk membuat makanan tradisional Taiwan yaitu pancake daun bawang, membuat suasana acara penuh dengan visual dan rasa.

Menurut keterangan John Chen, TTM telah menjalankan misi di Indonesia selama 47 tahun. Selain Sumatera, TTM juga membantu petani di Jawa, Bali, dan Sulawesi.

Sementara itu, Nani Hendiarti dari Kemenko Marves menyampaikan apresiasi kepada TTM atas dukungan terhadap para petani. Hal serupa juga disampaikan oleh Bupati Dosmar. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA