Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Lomba Fotografi PYCH Meriahkan Papua Street Carnival 2023

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Rabu, 05 Juli 2023, 02:57 WIB
Lomba Fotografi PYCH Meriahkan Papua Street Carnival 2023
Penjurian lomba fotografi "All About Papua" oleh Darwis Triadi/Net
rmol news logo Lomba fotografi bertema "All About Papua" dihadirkan Papua Youth Creative Hub (PYCH), menyambut Papua Street Carnival 2023 yang digelar Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif di Jayapura, Papua.

Karya foto anak muda Papua itu dinilai fotografer senior, Darwis Triadi, di Gedung Sapta Pesona, di Gambir, Jakarta Pusat, DKI Jakarta.

Dari ratusan foto yang ada, Darwis menyampaikan, mayoritas foto yang dikirim peserta sudah cukup bagus. Bahkan foto yang dia nilai menunjukkan bahwa peserta telah mahir di dunia fotografi.

Menurutnya, banyak poin penilaian untuk menentukan pemenang, mulai komposisi, estetika foto, kesesuaian tema, dan harus sesuai aturan pengambilan gambar fotografi.

"Yang terpenting, saat mengambil gambar itu bagaimana kita bisa melihat secara detail dan merasakan bahwa visual yang kita capture benar-benar punya nilai," ujar Darwis, dalam keterangan tertulis, Selasa (4/7).

Pria yang juga memiliki kelas fotografi ini menyatakan, lewat fotografi, indera mata dituntut bukan hanya untuk melihat, tapi juga merasakan objek foto.

Periode pengiriman foto dimulai dari tanggal 20 hingga 30 Juni 2023. Foto yang dilombakan hasil karya peserta, yang pernah diambil di tanah Papua.

Darwis pun mengapresiasi diinisiasinya lomba fotografi dari PYCH ini. Menurutnya, perlombaan ini menjadi momen yang baik untuk menunjukkan mutlaknya kebutuhan fotografi saat ini.

Selain itu, fotografer segudang prestasi itu juga mengapresiasi berdirinya Papua Youth Creative Hub yang merupakan wadah kreasi anak muda Papua binaan Badan Intelijen Negara (BIN).

"Rasanya ini sangat baik, agar kawan-kawan di Papua makin hari makin punya semangat mengcapture atau mengabadikan hal-hal yang baik dan bisa dilihat dari luar. Bukan hanya secara nasional tapi juga internasional," pungkasnya.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA