Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Gelar Shalat Iduladha Hari Ini, Muhammadiyah Karawang Siapkan 12 Lokasi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/agus-dwi-1'>AGUS DWI</a>
LAPORAN: AGUS DWI
  • Rabu, 28 Juni 2023, 03:54 WIB
Gelar Shalat Iduladha Hari Ini, Muhammadiyah Karawang Siapkan 12 Lokasi
Ketua PD Muhammadiyah Karawang, Bambang Maryono (keempat dari kiri), bersama sejumlah pengurus PD Muhammadiyah Karawang/Ist
rmol news logo Dalam pelaksanaan Iduladha 1444 Hijriyah, rencananya pengurus Pimpinan Daerah (PD) Muhammadiyah Karawang akan menggelar shalat Iduladha di 12 lokasi berbeda di Kabupaten Karawang pada Rabu (28/6).

Demikian disampaikan Ketua PD Muhammadiyah Karawang, Bambang Maryono, saat dihubungi Kantor Berita RMOLJabar, Selasa (27/6).

"InsyaAllah pelaksanaan shalat Iduladha 1444 Hijriyah pada Rabu (28/6) sekitar pukul 06.30 WIB, ada 12 titik lokasi yang telah disiapkan PD Muhammadiyah Karawang untuk menggelar kegiatan shalat Iduladha tahun ini," ucap Bambang Maryono yang baru terpilih sebagai Ketua PD Muhammadiyah Karawang dalam Musyawarah Daerah (Musda) VIII beberapa waktu lalu.

Pada Senin (19/6), Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah telah menetapkan 1 Dzulhijjah 1444 Hijriyah. Di mana hari Arafah atau hari kesembilan pada bulan Dzulhijjah, jatuh pada hari Selasa, 27 Juni 2023.

Dengan demikian, pelaksanaan shalat Iduladha 1444 Hijriyah untuk warga Muhammadiyah, jatuh pada hari ini, Rabu (28/6).

"Keputusan penetapan tersebut tertuang dalam Maklumat Pimpinan Pusat Muhammadiyah Nomor 1/MLM/1.0E/2023, tentang Penetapan Hasil Hisab Ramadhan, Syawal, dan Dzulhijjah 1444 Hijriyah," ujarnya.

Pelaksanaan shalat Iduladha 1444 Hijriyah/2023 Masehi di Indonesia ini memiliki dua versi waktu yang berbeda. Hal itu disebabkan perbedaan dari hasil pengamatan rukyat dan perhitungan hisab.

Versi pemerintah, menetapkan Iduladha 1444 Hijriyah jatuh pada Kamis, 29 Juni 2023. Sementara versi kedua yakni versi Muhammadiyah, sama dengan versi pemerintahan di Arab Saudi, bahwa penetapan untuk Iduladha 1444 Hijriyah jatuh pada Rabu, 28 Juni 2023.

Berikut rincian ke 12 titik lokasi shalat Iduladha 1444 Hijriyah yang akan dilaksanakan oleh warga Muhammadiyah di Kabupaten Karawang. Yaitu di Area Masjid Al-Ghammar Jalan Interchange Karawang Barat; Mushola Miftahul Hasanah, belakang Bajakarya Kecamatan Lemahabang Wadas; Masjid Al Haq, Desa Kalangsari, Kecamatan Rengasdengklok; Masjid Al Abror, Area SMK TI Muhammadiyah Cikampek; Masjid Choirul Imam, Komplek Yayasan Pendidikan Islam Bina Isnani, Kecamatan Kotabaru; dan Lapangan Kantor Kecamatan Klari.

Selanjutnya, Masjid At-Taqwa Desa Sabajaya, Kecamatan Tirtajaya; Masjid At-Tawabin, Kampung Gempol Girang, Kecamatan Telukjambe Timur; Masjid Wahid Nizar, Kampung Guro I, Jalan Nagasari (Mangga II), Kecamatan Karawang Timur; Masjid Al-Makmur Saleema, Cikangkung, Kecamatan Rengasdengklok; Masjid Al-Ikhsan, Gang Batas Jati, Kecamatan Rengasdengklok; dan Masjid Nurul Albab, SMK Muhammadiyah II Cikampek. rmol news logo article
EDITOR: AGUS DWI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA