Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Optimalkan Lahan, GMC Berikan Pelatihan Penanaman Hidroponik Bagi Pemuda Kalbar

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Jumat, 05 Mei 2023, 21:10 WIB
Optimalkan Lahan, GMC Berikan Pelatihan Penanaman Hidroponik Bagi Pemuda Kalbar
Kegiatan bertema "Pelatihan Petani Milenial" yang digelar Ganjar Milenial Center (GMC)/Ist
rmol news logo Relawan kelompok pemilih muda, Ganjar Milenial Center (GMC) berdayakan untuk semakin berkreasi dan memberikan manfaat dan dampak positif di lingkungan tempat mereka tinggal.

Kali ini, GMC Kalimantan Barat menggelar pelatihan penanaman dengan teknik hidroponik. Kegiatan bertema "Pelatihan Petani Milenial" ini, digelar di Desa Sungai Segak, Kecamatan Sebangki, Kabupaten Landak, Kalimantan Barat.

Dalam pelatihan itu, GMC menggandeng Himpunan Mahasiswa Agraria (Himagri) Universitas Nahdlatul Ulama Kalimantan Barat dan Gerakan Pemuda Sui Segak Ika Talim Tanjung Pandan.

Koordinator Wilayah (Korwil) GMC Kalbar Nuryahdi mengatakan, pelatihan tersebut digelar agar para pemuda di desa ini bisa berkontribusi bagi lingkungan di sekitarnya dengan memaksimalkan lahan yang sederhana untuk menanam sayur-sayuran.

"Tujuan kami supaya adik-adik di sini bisa mandiri memanfaatkan lahan yang sederhana sehingga bisa membuahkan hasil yang besar," ujar Nuryahdi dalam keterangan tertulis, Jumat (5/5).

Kegiatan ini, kata dia, terinspirasi dari sosok Ganjar Pranowo yang baru saja diumumkan sebagai bakal calon presiden (Bacapres) PDI Perjuanga. Bagi dia, sosok Ganjar memiliki kepedulian tersendiri pada sektor pertanian.

Disampaikan Nuryahdi, generasi milenial mulai bisa perlahan meninggalkan cara konvensional seperti bertani di sawah dengan beralih ke teknik hidroponik. Dengan adanya pelatihan tersebut, pengetahuan dan wawasan pemuda tentang hidroponik juga bertambah.

"Selama ini, cara lama digunakan untuk bertani itu di sawah. Dengan adanya pelatihan ini, wawasan dan ilmu para pemuda di sini bertambah tentang cara menanam hidroponik yang sederhana barang bekas di sekitar kita seperti styrofoam dan lain-lain," terangnya.

Nuryahdi menuturkan pemuda di Desa Sungai Segak menjadikan pelatihan ini sebagai kegiatan yang bisa bermanfaat bagi mereka dan lingkungannya.

"Supaya mereka mempunyai kegiatan yang bisa bermanfaat untuk masyarakat, khususnya pemuda di sini," pungkasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA