Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

GKR Hemas: Lebaran 2023 Persediaan Pangan di Yogjakarta Aman

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/faisal-aristama-1'>FAISAL ARISTAMA</a>
LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Rabu, 19 April 2023, 02:41 WIB
GKR Hemas: Lebaran 2023 Persediaan Pangan di Yogjakarta Aman
Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Hemas/Net
rmol news logo Puji syukur, lebararan tahun 2023 persediaan pangan dan barang sembako lainnya di wilayah Yogyakarta tercukupi. Dengan tercukupinya bahan pangan dan sembako lainnya, diharapkan akan menghadirkan kebahagiaan dalam keluarga serta seluruh masyarakat Yogyakarta.

Lebaran tahun ini merupakan momentum yang penting setelah 3 (tiga) tahun, dibayangi berbagai kekhawatiran terutama terkait dengan pandemi Covid-19.

Demikian disampaikan, Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Hemas dalam keterangan tertulis,

"Syukur semuanya tersedia, tidak ada kelangkaan, terutama bahan pokok. Yang perlu dicatat Idul Fitri tahun 2023 ini merupakan yang pertama dirayakan secara meriah dalam kurun waktu tiga tahun belakangan terutama sejak ada Covid-19.  Sehingga kita patut bersyukur jika ketersediaan sembako aman," ucap GKR Hemas di sela kunjungan ke Pasar Beringharjo, Yogyakarta.

Kendati tidak ada kendala pasokan di Beringharjo, GKR Hemas mengatakan, tetap ada kenaikan harga beberapa jenis bahan kebutuhan, meskipun tidak signifikan.

"Terutama beras, minyak, bumbu-bumbu, telur dan kebutuhan pokok lainnya ada kenaikan, tapi ya tidak signifikan," katanya.

Menurut GKR Hemas, Beringharjo menjadi indikator pergerakan harga komoditi di Provinsi DI Yogyakarta. Karena, sebagian besar pasar tradisional di Yogyakarta mengacu harga dari pasar Beringharjo.

Ia menyebut, keberhasilan pengendalian pasokan dan harga komoditi menjelang hari besar ini merupakan kinerja Dinas Perindag serta Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi DI Yogyakarta yang selama ini, selalu mendapat predikat baik.

Selain itu, selama sebulan terakhir, jajaran Pemerintah Provinsi DI Yogyakarta menggelar beberapa operasi pasar, ke sejumlah pasar.

"Untuk memastikan stok, terutama bahan pangan pokok dengan menjamin produksi dan distribusinya tanpa gangguan," kata dia.

Terkait harga, GKR Hemas menyebut rakyat Jogja harus mendapat jaminan harga bahan pokok yang terjangkau. Hal itu dikatakannya juga menjadi tugas  pemerintah.

"Saya sebagai wakil rakyat dan wakil daerah bertugas untuk mengawasi, dan memastikan agar rakyat Yogya terjamin semua kebutuhannya. Tugasnya sebagai Anggota DPD RI juga untuk memastikan kebutuhan rakyat Jogja terpenuhi,” ujarnya.
 
Dalam kunjungan tersebut GKR Hemas didampingi oleh Kepala Dinas Perdagangan Kota Yogyakarta, Veronica Ambar Ismuwardani, Kabid Pengawasan dan Pengendalian Perdagangan Sri Iswati, serta Kabid Pasar Rakyat Gunawan Utomo berkeliling ke sejumlah lapak dan berinteraksi dengan para pedagang di Lantai 2 pasar. rmol news logo article

EDITOR: IDHAM ANHARI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA