Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Karya Tangan Anak Muda Papua, Brand Smartphone dan Laptop TOP.ID Siap Diluncurkan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Selasa, 14 Maret 2023, 21:08 WIB
Karya Tangan Anak Muda Papua, Brand Smartphone dan Laptop TOP.ID Siap Diluncurkan
Perakitan laptop TOP.ID karya anak muda di Papua Youth Creative Hub (PYCH)/Ist
rmol news logo Kumpulan anak muda di Papua Youth Creative Hub (PYCH) bersiap torehkan catatan gemilang di dunia teknologi. Mereka segera meluncurkan brand smartphone dan laptop pertama di Papua dengan nama TOP.ID.

Capaian tersebut, menjadi salah satu capaian dari organisasi pemuda Papua Muda Inspiratif (PMI) yang merupakan organisasi kepemudaan di bawah binaan Badan Intelijen Negara (BIN).

"Salah satu tujuan dari PYCH adalah membuat inovasi-inovasi baru untuk tanah Papua, yang diusulkan dari anak-anak muda Papua sendiri," ujar Ketua Program Manager Bidang Teknologi PMI Elia Musa Rawar, dalam keterangan tertulis, Selasa (14/3).

Dijelaskan Elia, TOP.ID merupakan kependekan dari Torang Papua Indonesia. Katanya, ini merupakan brand smartphone dan laptop pertama yang asli rakitan anak Papua, yang dikembangkan anak-anak dari salah satu sekolah menengah kejuruan di Jayapura.

"Sehari-hari mereka memang berbakat dalam bidang elektronik dan komputer juga. Jadi ketika kami bawa mereka untuk ikut pelatihan, untuk mengenalkan mereka bagaimana cara membuka hp, cara merakit hp dari zero hingga layak digunakan," jelasnya.

Dalam peluncuran brand TOP.ID, Elia menuturkan saat ini pihaknya tengah berusaha mendaftarkan merek TOP.ID sebagai Hak Kekayaan Intelektual (HKI).

Peluncuran brand TOP.ID sendiri, akan diresmikan oleh Presiden Indonesia Joko Widodo saat ia datang ke Papua. Ini juga bersamaan dengan peresmian gedung Papua Youth Creative Hub (PYCH) sebagai wadah anak-anak muda Papua bebas berkreasi.

"Kami mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada Bapak Jokowi dan Kepala BIN, Pak Budi Gunawan atas semua kesempatan, semua fasilitas untuk anak-anak Papua," pungkasnya.

Adapun smartphone TOP.ID direncanakan akan menggunakan model M13 dengan RAM 12 GB dan ROM 512 GB. TOP.ID juga akan menggunakan android versi 11.0 dengan resolusi 1440x3040.

Sementara untuk laptop TOP.ID, nantinya akan menggunakan memori dengan total sebesar 8192 MB dengan kecepatan baca mencapai 2133 MHz. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA