Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Dirut BPJS Kesehatan Hadiri Soft Launching LK2PK

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/zulhidayat-siregar-1'>ZULHIDAYAT SIREGAR</a>
LAPORAN: ZULHIDAYAT SIREGAR
  • Senin, 02 Oktober 2017, 10:08 WIB
Dirut BPJS Kesehatan Hadiri Soft Launching LK2PK
Foto/Net
rmol news logo . Direktur Utama BPJS Kesehatan, Fachmi Idris hadir dalam peresmian Lembaga Kajian dan Konsultasi Pembangunan Kesehatan (LK2PK) di Merial Point, Tebet, Jakarta, Minggu (1/10).

Kegiatan tersebut turut dirangkaikan dengan focus group discussion (FGD) yang dihadiri Siti Hikmawati (Komisioner Kesehatan dari KPAI), Taufik Hidayat (Ketua PAMJAKI, Misbahul Munir (Dewan Pengawas BPJS Kesehatan), Abraham A. Fadlan Patarai (Ketua PP PDUI), Muntaha (Komisaris Kimia Farma Laboratorium Diagnostik), dan Halik Malik (Ketua PDEI Cabang Jakarta).

Direktur LK2PK, Ardiansyah Bahar mengutarakan bahwa mereka akan melakukan pengkajian, pengembangan program, dan advokasi di bidang kesehatan.

Dalam sambutannya, dia mengutarakan keresahannya akan berbagai macam permasalahan kesehatan di Indonesia, namun menurutnya sampai saat ini pemerintah masih belum sepenuhnya menyelesaikannya.

"Permasalahan kesehatan belum diselesaikan dari hulu ke hilir. Misalnya saja masalah stunting dan pembiayaan kesehatan," ungkap Ardiansyah.

Hal itu pula disebutkan oleh Iswanto selaku ketua panitia. Seperti ia paparkan dalam keterangan tertulisnya.

"Pemerintah seakan menggampangkan masalah kesehatan. Kesehatan di Indonesia, tidak selesai dengan membagikan 'kartu sakti kesehatan' atau Kartu Indonesia Sehat. Banyak masalah kesehatan lainnya. Namun terkesan saat ini, di setiap masalah kesehatan, BPJS Kesehatan selalu dihubung-hubungkan," ujarnya.

Iswanto memiliki harapan yang besar agar lembaga ini bisa mengisi peran-peran masyarakat sipil di bidang kesehatan secara bermakna.

Fachmi Idris dalam sambutannya mengharapkan organisasi ini dapat mendukung kerja-kerja BPJS Kesehatan. Dia menambahkan, dibutuhkan pelurusan instrumen regulasi untuk menguatkan jaminan kesehatan.

"Politik kebijakan adalah permasalahannya. Semoga LK2PK bisa menjadi garda depan di situ untuk meluruskan politik kebijakan kesehatan saat ini," pintanya.

Diskusi dan soft launching dari kegiatan ini akan dilanjutkan dengan grand launching yang akan dilaksanakan pada 5 November 2017 mendatang di Taman Ayodia, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. [rus]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA