Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Komnas HAM Prihatin Atas Nasib Nahas Bayi Debora

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/zulhidayat-siregar-1'>ZULHIDAYAT SIREGAR</a>
LAPORAN: ZULHIDAYAT SIREGAR
  • Selasa, 12 September 2017, 04:22 WIB
Komnas HAM Prihatin Atas Nasib Nahas Bayi Debora
rmol news logo Kematian bayi Debora di RS Mitra Keluarga Kali Deres karena keluarga tidak bisa memenuhi langsung pembayaran PICU terus menuai simpati dari masyarakat luas. Termasuk Komnas HAM.

"Komnas HAM prihatin atas kembali terjadinya kematian bayi Debora akibat kemiskinan. Kasus bayi Debora adalah gejala gunung es," jelas Komisioner Komnas HAM Maneger Nasution (Senin, 11/9).

Negara khususnya pemerintah, dia menegaskan, punya mandat untuk memastikan pemenuhan hak-hak konstitusional warga negara.

Dalam konteks kematian bayi Debora, pemerintah gagal hadir memastikan terpenuhinya hak-hak konstitusional warga negara, bayi Debora, khususnya hak hidup dan hak atas pelayanan kesehatan.

Karena itu dia mendesak pemerintah menginvestigasi pihak manajemen rumah sakit dan meminta pertanggungjawaban manajemen rumah sakit.

Kepolisian harus memproses kasus ini secara pidana, untuk memberi efek jera bagi pelayanan-pelayanan publik. "Pemerintah (harus) memastikan tidak akan terjadi hal yang sama pada masa yang akan datang," tandasnya. [zul]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA