Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Donal Fariz Ngaku Punya Alasan Pribadi Tidak Mau jadi Pembela SYL

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/jamaludin-akmal-1'>JAMALUDIN AKMAL</a>
LAPORAN: JAMALUDIN AKMAL
  • Jumat, 20 Oktober 2023, 17:04 WIB
Donal Fariz Ngaku Punya Alasan Pribadi Tidak Mau jadi Pembela SYL
Mantan peneliti Indonesia Corruption Watch (ICW), Donal Fariz usai diperiksa KPK/RMOL
rmol news logo Mantan peneliti Indonesia Corruption Watch (ICW), Donal Fariz memastikan tidak mengikuti jejak rekannya, Febri Diansyah dan Rasamala Aritonang sebagai pengacara bekas Mentan Syahrul Yasin Limpo (SYL).

Hal itu ditegaskan Donal Fariz setelah menjalani pemeriksaan selama kurang lebih 2 jam di Gedung Merah Putih KPK, Jalan Kuningan Persada Kav 4, Setiabudi, Jakarta Selatan, Jumat (20/10).

"Tadi ditanya apakah jadi pengacara Limpo (SYL) atau tidak. Saya tunjukkan tadi, saya bukan pengacara di penyelidikan," kata Donal Fariz.

Selama pemeriksaan, ia mengaku dicecar sebanyak 12 pertanyaan dari penyidik KPK berkenaan dugaan korupsi berupa pemerasan terhadap pejabat di Kementerian Pertanian (Kementan).

"Saya tidak bisa menjelaskan detail karena saya bukan kuasa hukum (SYL) di tingkat penyelidikan maupun di tingkat penyidikan. Ini berbeda dengan rekan-rekan saya yang memang mendampingi SYL," jelas Donal.

Di hadapan penyidik KPK, Donal Fariz mengaku sudah menjabarkan alasan tidak menjadi pengacara SYL sebagaimana dilakukan Febri Diansyah dkk. Menurutnya, keputusannya itu atas dasar penilaian pribadi.

"Saya menghargai pilihan rekan-rekan yang mendampingi. Tetapi juga secara profesional, saya memilih untuk tidak memegang kasus ini, baik di tingkat penyelidikan maupun di penyidikan," pungkas Donal. rmol news logo article
EDITOR: DIKI TRIANTO

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA