Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Sepekan Diluncurkan, Game "Black Myth: Wukong" Sudah Didownload Lebih 10 Juta Kopi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Selasa, 27 Agustus 2024, 15:11 WIB
Sepekan Diluncurkan, Game "Black Myth: Wukong" Sudah Didownload Lebih 10 Juta Kopi
Video game Tiongkok "Black Myth: Wukong" telah terjual lebih dari 10 juta kopi di semua platform, dengan jumlah maksimum pemain secara bersamaan di semua platform melebihi 3 juta /CFP
rmol news logo Sejak diluncurkan pekan lalu, video game buatan China "Black Myth: Wukong" sudah berhasil terjual lebih dari 10 juta kopi di seluruh platform.
HUT 79 RI

Dikutip dari CGTN, Selasa (27/8), game yang disebut sebagai tonggak kebangkitan game konsol China ini berhasil menduduki puncak daftar game yang paling banyak dimainkan di Steam, platform game terkemuka, hanya satu jam setelah peluncurannya.

Pengembangnya, Game Science mengungkapkan bahwa jumlah maksimum pemain bersamaan di semua platform melampaui 3 juta.

"Black Myth: Wukong" mengambil inspirasi dari novel klasik Tiongkok "Journey to the West." Kisah ini mengikuti petualangan seorang biksu dan ketiga muridnya, dengan fokus khusus pada Sun Wukong, Raja Kera legendaris yang terkenal karena kekuatan supernatural dan sifat nakalnya.

Dengan dimulainya akhir pekan pertama, para pakar industri meramalkan bahwa penjualan game akan terus melonjak.

Goldman Sachs sebelumnya memproyeksikan bahwa "Black Myth: Wukong" dapat mencapai penjualan sebanyak 12 juta kopi di Steam, menghasilkan pendapatan lebih dari 3 miliar yuan (sekitar Rp6,4 triliun).  Dalam skenario lain, game ini diramalkan terjual sebanyak 20 juta unit, dengan pendapatan melebihi 5 miliar yuan.

Pan Helin, anggota komite ahli di bawah Kementerian Perindustrian dan Teknologi Informasi, mengatakan peluncuran game tersebut telah mendorong konsumsi di sektor-sektor terkait dan meningkatkan minat terhadap budaya tradisional Tiongkok.

"Black Myth: Wukong" telah menjadi sensasi yang melampaui komunitas game. Kesuksesannya yang belum pernah terjadi sebelumnya bahkan telah meningkatkan harga saham beberapa perusahaan dan mendorong pariwisata di Provinsi Shanxi, Tiongkok utara, salah satu lokasi syuting utama untuk permainan tersebut.

Meskipun sebagian besar pemainnya berasal dari Tiongkok, popularitas game ini menyebar dengan cepat ke seluruh dunia.  Beberapa penggemar yang antusias telah mengumpulkan lebih dari 200 halaman materi latar belakang untuk membantu pemain internasional memahami akar budaya yang dalam dari cerita tersebut.

"Penyebaran budaya game secara global sering kali dipicu oleh rasa ingin tahu dan rasa misteri, dua bentuk ketertarikan yang paling kuat," kata Yu Ranxing, salah satu pendiri Game Science.

“Kami berharap dapat menunjukkan bahwa permainan Tiongkok juga dapat mencapai standar kelas dunia melalui upaya kami,” kata Yu.

Tiongkok adalah pasar game terbesar di dunia, dengan pendapatan penjualan melebihi 300 miliar yuan pada tahun 2023.

Menurut laporan industri, pada paruh pertama tahun 2024, pendapatan penjualan pasar game domestik mencapai 147,3 miliar yuan, naik 2,08 persen YoY, dengan jumlah pengguna di Tiongkok mencapai rekor tertinggi sebesar 674 juta.  rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA