Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Jin BTS Selesaikan Wajib Militer

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Kamis, 13 Juni 2024, 13:25 WIB
Jin BTS Selesaikan Wajib Militer
Anggota BTS Jin setelah selesai tugas militer di Yeoncheon, Korea Selatan, pada 12 Juni 2024/Net
rmol news logo Salah satu member boyband K-pop BTS, Jin, berhasil menyelesaikan wajib militernya pada Rabu (12/6), setelah 18 bulan bertugas.

Jin yang saat ini berusia 31 tahun menjadi anggota pertama BTS yang menyelesaikan wajib militer nasional yang membuat karir musik mereka tertunda.

Tayangan televisi lokal menunjukkan Jin, yang mengenakan seragam dan baret hitam, tampak emosional saat memeluk rekan-rekannya di pangkalan militer di Yeoncheon, provinsi Gyeonggi.

“Saya menangis saat upacara,” kata Jin kemudian saat siaran langsung yang ditonton lebih dari 3 juta kali di platform fandom Weverse, seperti dikutip dari Nikkei Asia, Kamis (13/6).

 “Tapi itu sangat menyenangkan selama satu tahun enam bulan terakhir.  Sungguh melegakan saya bertemu begitu banyak orang yang luar biasa,” tambahnya, menyampaikan salam kepada rekan-rekannya di pangkalan militer.

Jin menjadi anggota pertama grup yang mendaftar militer pada Desember 2022. Empat anggota terakhir grup memulai wajib militer mereka pada Desember 2023, dan band ini diperkirakan akan bersatu kembali pada 2025.

Jin berencana merayakan selesainya wajib militer pada hari Kamis dengan sebuah acara di Seoul, di mana dia akan menyapa penggemar dan menampilkan pertunjukan.

BTS memulai debutnya pada 13 Juni 2013, dan sejak itu menjadi wajah K-pop, salah satu ekspor budaya terbesar Korea Selatan.

Korea Selatan mewajibkan seluruh warganya yang berjenis kelamin laki-laki berbadan sehat berusia antara 18 dan 28 tahun untuk menjalani wajib militer atau sosial selama 18 hingga 21 bulan.

Namun pemerintah kemudian merevisi undang-undang tersebut pada tahun 2020 untuk membiarkan bintang K-pop yang diakui secara global menunda mendaftar hingga usia 30 tahun. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA