Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Berkat Bantuan AI, The Beatles Segera Rilis Lagu Terakhir Now and Then

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Sabtu, 28 Oktober 2023, 10:42 WIB
Berkat Bantuan AI, The Beatles Segera Rilis Lagu Terakhir Now and Then
The Beatles/Net
rmol news logo Para penggemar band legendaris The Beatles akan segera dimanjakan dengan lagu terakhir yang sempat dinyanyikan keempat personelnya empat dekade silam.

Menurut informasi dari akun Instagram resmi The Beatles, lagu Now and Then akan dirilis pada 2 November berkat teknologi artificial intelligence atau AI yang sama yang digunakan untuk menyempurnakan audio pada film dokumenter Get Back karya Peter Jackson.

Personel The Beatles yang masih tersisa, Paul McCartney, sangat antusias dengan peluncuran lagu yang ia bawakan bersama Ringo Starr dan mendiang John Lennon serta George Harrison tersebut.

“Itu dia, suara John, sangat jernih,” kata Paul McCartney dalam sebuah pernyataan, seperti dikutip dari The Guardian, Jumat (27/10).

“Ini cukup emosional. Dan kami semua memainkannya, itu adalah rekaman asli Beatles. Di tahun 2023, untuk tetap menggarap musik Beatles, dan akan merilis lagu baru yang belum pernah didengar publik, menurut saya itu adalah hal yang menarik," katanya.

Now and Then ditulis dan dinyanyikan oleh Lennon pada akhir tahun 1970-an di rumahnya di gedung Dakota di New York City. Pada tahun 1994, istri Lennon, Yoko Ono, memberikan demo tersebut kepada McCartney dalam kaset berlabel “For Paul” yang juga menyertakan demo Lennon untuk Free As a Bird dan Real Love.

Sehari sebelum perilisan, The Beatles akan menayangkan dokumenter pendek lewat YouTube.

Dokumenter berdurasi 12 menit yang menampilkan wawancara sekaligus komentar dari McCartney, Starr, Harrison, Sean Ono Lennon, dan Peter Jackson akan berisi cerita di balik lagu terakhir The Beatles dengan berbagai tayangan eksklusif. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA