Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pelabuhan Vadhvan Tingkatkan Hubungan dengan Asia Tengah dan Rusia

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/jonris-purba-1'>JONRIS PURBA</a>
LAPORAN: JONRIS PURBA
  • Minggu, 01 September 2024, 02:54 WIB
Pelabuhan Vadhvan Tingkatkan Hubungan dengan Asia Tengah dan Rusia
Pelabuhan Vadhvan di Palghar, Maharashtra, India.
rmol news logo Dengan lokasi dan kapasitas yang strategis, Pelabuhan Vadhvan yang diresmikan Perdana Narendra Modi hari Jumat lalu diharap dapat meningkatkan perdagangan luar negeri India. Terletak di Palghar, Maharashtra, Pelabuhan Vadhvan akan menjadi pelabuhan laut dalam terbesar di India dengan investasi sebesar 9 juta dolar AS.

Pelabuhan ini akan meningkatkan konektivitas India dengan Asia Tengah dan Rusia dan akan memberikan dorongan perdagangan melalui Koridor Transportasi Internasional Utara-Selatan (INSTC) dan Koridor Ekonomi India-Timur Tengah-Eropa. Pelabuhan ini diantisipasi akan mengurangi tekanan dari Pelabuhan Jawaharlal Nehru yang saat ini merupakan pelabuhan penanganan peti kemas terbesar di India.

Pelabuhan Vadhvan juga akan pengubah permainan bagi ekonomi Maharashtra, karena menurut perkiraan pemerintah, pelabuhan ini akan berkontribusi lebih dari satu persen terhadap PDB Maharashtra dan akan membantu pertumbuhan dan kemakmuran kawasan tersebut.

Pelabuhan tersebut juga akan terhubung dengan Koridor Pengangkutan Khusus dengan Koridor Industri Delhi-Mumbai dan akan memastikan konektivitas kargo yang lebih cepat dan lebih efisien.

Pelabuhan Mega Vadhvan akan selesai dalam dua fase transformatif yang akan memiliki fasilitas canggih dengan kemampuan yang tak tertandingi. Pada akhir fase kedua, Pelabuhan Mega Vadhvan akan menangani 23,2 juta TEU.

TEU adalah singkatan dari “twenty-foot equivalent unit” dan merupakan unit pengukuran yang digunakan dalam industri pelayaran untuk mengukur volume kargo dalam kontainer.

Dalam hal penciptaan lapangan kerja melalui pelabuhan, pemerintah menyatakan bahwa pelabuhan tersebut akan menghasilkan sekitar 12 lakh pekerjaan langsung dan lebih dari satu crore pekerjaan tidak langsung.

Menurut pemerintah, sejak awal, pelabuhan tersebut dirancang sebagai pelabuhan hijau. Pelabuhan tersebut menyeimbangkan pertumbuhan ekonomi dengan pengelolaan lingkungan untuk mendukung ekonomi biru India. Pelabuhan tersebut akan memacu pembangunan ekonomi dan sosial masyarakat pesisir dan seluruh wilayah Maharashtra.

Pelabuhan Vadhvan juga akan meningkatkan konektivitas maritim India dan semakin memperkuat posisinya sebagai pusat perdagangan global. Pelabuhan ini direncanakan akan beroperasi pada tahun 2030.

Perdana Menteri Narendra Modi juga menyebut Pelabuhan Vadhvan sebagai proyek yang sangat istimewa dan mengatakan bahwa proyek ini akan berkontribusi terhadap pembangunan India. PM Modi juga mengatakan bahwa proyek ini akan menegaskan kembali Maharashtra sebagai pusat kemajuan. rmol news logo article
EDITOR: JONRIS PURBA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA