Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

PM Italia Embargo Penjualan Senjata ke Israel

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Jumat, 18 Oktober 2024, 09:54 WIB
PM Italia Embargo Penjualan Senjata ke Israel
Perdana Menteri Italia, Giorgia Meloni/Net
rmol news logo Di tengah perluasan perang di Timur Tengah, Italia mengambil keputusan yang cukup mengejutkan yakni melarang penuh penjualan senjata ke Israel.

Roma sebelumnya merupakan mitra Israel yang mendukung perangnya melawan Hamas sebagai upaya pembelaan diri.

Namun itu tampaknya tidak bertahan lama mengingat perang kini meletus di Lebanon dan misi penjaga perdamaian PBB di sana yakni UNIFIL juga ikut diserang.

Menurut kantor berita Italia, ANSA pada Jumat, 18 Oktober 2024, Perdana Menteri Giorgia Meloni telah memerintahkan embargo penjualan senjata ke Israel.

"Pemerintah segera menangguhkan semua lisensi ekspor baru, dan semua perjanjian yang ditandatangani setelah 7 Oktober tidak dilaksanakan. Kami telah memblokir semuanya," tegas Meloni.

Dikatakan bahwa penyebab utama embargo senjata tersebut adalah karena serangan Israel baru-baru ini terhadap pasukan UNIFIL, di mana Italia merupakan negara kontributor personel Helm Biru di negara tersebut.

Keputusan itu juga muncul setelah muncul pemimpin oposisi Italia dari partai Gerakan Bintang Lima, Giuseppe Conte, menyerukan embargo semacam itu dan pembentukan segera negara Palestina.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA