Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Truk BBM Meledak Saat Ratusan Warga Nigeria Rebutan Sisa Bahan Bakar

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Rabu, 16 Oktober 2024, 17:51 WIB
Truk BBM Meledak Saat Ratusan Warga Nigeria Rebutan Sisa Bahan Bakar
Truk bahan bakar yang meledak di Nigeria pada Rabu, 16 Oktober 2024/AFP
rmol news logo Sebuah truk tangki bahan bakar meledak di jalan tol Jigawa, Nigeria pada Rabu, 16 Oktober 2024 waktu setempat.

Ledakan tersebut terjadi di malam hari dan menewaskan sedikitnya 94 orang dan melukai 50 lainna.

Menurut otoritas keamanan setempat, tingginya angka korban jiwa diakibatkan dari banyaknya warga yang berebut mengambil bahan bakar dari truk tangki yang terbalik di jalan tersebut.

"Warga sedang mengambil bahan bakar dari truk tangki yang terbalik saat ledakan terjadi, yang memicu kobaran api besar yang menewaskan 94 orang di tempat kejadian," kata juru bicara polisi Nigeria, Lawan Adamu seperti dimuat Associated Press.

Bulan lalu, sedikitnya 48 orang tewas dalam sebuah ledakan setelah truk tangki bahan bakar bertabrakan dengan truk lain di negara bagian Niger, Nigeria bagian utara-tengah.

Kecelakaan truk yang mematikan sering terjadi di sebagian besar jalan utama di Nigeria, dengan para ahli menghubungkan banyak di antaranya dengan perilaku mengemudi yang ugal-ugalan, kondisi jalan yang buruk, dan kendaraan yang tidak dirawat dengan baik.

Pada tahun 2020 saja, terjadi 1.531 kecelakaan truk tangki bensin yang mengakibatkan 535 kematian dan 1.142 cedera, menurut Korps Keselamatan Jalan Raya Federal Nigeria.

Perusahaan Minyak Nasional Nigeria pada awal September menaikkan harga bensin setidaknya 39 persen, kenaikan besar kedua dalam lebih dari setahun.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA