Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Tiga Hari Absen, Militer Tiongkok Kembali Memperlihatkan Batang Hidung di Sekitar Taiwan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/jonris-purba-1'>JONRIS PURBA</a>
LAPORAN: JONRIS PURBA
  • Senin, 07 Oktober 2024, 05:42 WIB
Tiga Hari Absen, Militer Tiongkok Kembali Memperlihatkan Batang Hidung di Sekitar Taiwan
Ilustrasi kapal perang Tiongkok.
rmol news logo Setelah tiga hari tidak melakukan manuver di dekat wilayah Taiwan, hari Sabtu lalu (5/10) Angkatan Udara dan Angkatan Laut Tiongkok kembali memperlihatkan aktivitas yang membuat keruh kawasan. 

Kementerian Pertahanan Taiwan menangkap aktivitas 13 pesawat Tentara Pembebasan Rakyat dan 3 kapal Angkatan Laut Tentara Pembebasan Rakyat yang beroperasi di sekitar Taiwan dari hingga pukul 6 pagi waktu setempat pada hari Sabtu.

Kemhan Taiwan menambahkan bahwa delapan pesawat melintasi garis tengah dan memasuki zona identifikasi pertahanan udara (ADIZ) barat daya Taiwan.

Dalam sebuah posting di X, Kemhan Taiwan mengatakan, “8 pesawat melintasi garis tengah dan memasuki ADIZ barat daya Taiwan. Kami telah memantau situasi dan menanggapinya dengan tepat.”

Sebelumnya, dari tanggal 1 sampai 4 Oktober, tidak ada pesawat PLA dan kapal PLAN yang beroperasi di sekitar Taiwan yang terdeteksi.

Tidak ada pesawat PLA dan kapal PLAN yang beroperasi di sekitar Taiwan yang terdeteksi hingga pukul 6 pagi (UTC+8) hari ini. Ilustrasi jalur penerbangan hari ini tidak disediakan karena tidak ada operasi pesawat PLA di sekitar Taiwan yang terdeteksi selama jangka waktu ini. 

Pada tanggal 1 Oktober, delapan pesawat PLA dan dua kapal PLAN yang beroperasi di sekitar Taiwan terdeteksi dari pukul 6 pagi pada tanggal 30 September hingga 1 Oktober. Empat pesawat melintasi garis tengah dan memasuki ADIZ barat daya Taiwan, kata MND.

Ditambahkannya bahwa Taiwan memantau situasi dan menanggapinya dengan tepat.

Dalam sebuah posting di X, Kemhan Taiwan menulis, “8 pesawat PLA dan 2 kapal PLAN yang beroperasi di sekitar Taiwan terdeteksi hingga pukul 6 pagi (UTC+8) hari ini. 4 pesawat melintasi garis tengah dan memasuki ADIZ barat daya Taiwan. Kami telah memantau situasi dan menanggapinya dengan tepat.”

Aktivitas militer Tiongkok terbaru ini menambah serangkaian provokasi serupa oleh Beijing dalam beberapa bulan terakhir. Tiongkok telah meningkatkan aktivitas militernya di dekat Taiwan, termasuk serangan udara dan laut secara berkala ke ADIZ Taiwan dan latihan militer di dekat pulau tersebut.

Sejak September 2020, Tiongkok telah meningkatkan penggunaan taktik zona abu-abu dengan secara bertahap meningkatkan jumlah pesawat militer dan kapal angkatan laut yang beroperasi di sekitar Taiwan. rmol news logo article
EDITOR: JONRIS PURBA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA