Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Tanpa Jarak, Paus Fransiskus Peluk dan Salami Para Penyandang Disabilitas di KWI

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/bonfilio-mahendra-1'>BONFILIO MAHENDRA</a>
LAPORAN: BONFILIO MAHENDRA
  • Jumat, 06 September 2024, 09:12 WIB
Tanpa Jarak, Paus Fransiskus Peluk dan Salami Para Penyandang Disabilitas di KWI
Pemimpin Gereja Katolik Dunia, Paus Fransiskus, hadir dalam perayaan 100 tahun Konferensi Waligereja Indonesia (KWI) di Gedung KWI, Menteng/Ist
rmol news logo Pemimpin Gereja Katolik Dunia, Paus Fransiskus, hadir dalam perayaan 100 tahun Konferensi Waligereja Indonesia (KWI) di Gedung KWI, Menteng, pada Kamis (5/9).

Dalam perayaan tersebut Paus memuji KWI karena menggelar acara tanpa selebrasi. 

"Sangatlah tepat bahwa para uskup Indonesia memilih untuk merayakan 100 tahun berdirinya Konferensi Waligereja bersama-sama Anda semua," kata Paus Fransiskus di Aula Henry Soetio Gedung KWI, Jakarta Pusat.

Dalam acara tersebut, Paus bertemu dengan penyandang disabilitas hingga masyarakat miskin serta penerima manfaat organisasi amal.

Paus meminta penyandang disabilitas menyadari ada banyak orang baik di sekelilingnya dan perlu untuk selalu menjaga harapan.

Paus juga mengatakan tidak ada manusia yang bisa hidup sendiri karena semua orang membutuhkan satu sama lain.

Sementara itu, Ketua KWI Antonius Subianto mengaku memang tidak melakukan perayaan dan hanya berfokus pada pelayanan.

"Kita fokus pada pelayanan kepada orang-orang yang berada di daerah pinggiran, baik pinggiran secara geografis maupun pinggiran secara psikologis. Bapak Paus sangat menyambut peristiwa ini, karena beliau selalu berbela rasa dan memperhatikan, dan mengajak kita untuk selalu melayani orang-orang di pinggiran," kata Antonius yang juga Uskup Bandung.

Dengan kehadiran saudara-saudari disabilitas, Antonius mengajak para umat turut memaknainya dengan berbela rasa.

"Gereja, sepantasnya kita semua yang diberi karunia lebih beruntung daripada mereka janganlah pernah meninggalkan mereka. Di mana Allah tidak pernah meninggalkan kita, selalu berbela rasa dengan kita, maka kita pun diajak untuk berbela rasa," kata Antonius.

Di akhir kunjungan, Paus menyalami para saudara-saudari penyandang disabilitas, mereka pun membalas dengan mencium tangan serta memeluk Paus Fransiskus. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA