Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Thailand Punya Perdana Menteri Baru, India Harapkan Kerjasama yang Lebih Maju

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/jonris-purba-1'>JONRIS PURBA</a>
LAPORAN: JONRIS PURBA
  • Selasa, 20 Agustus 2024, 02:43 WIB
Thailand Punya Perdana Menteri Baru, India Harapkan Kerjasama yang Lebih Maju
Perdana Menteri Narendra Modi dan Perdana Menteri Paethongtarn Shinawatra.
rmol news logo Hubungan Thailand dan India diharapkan akan semakin baik lagi di bawah pemerintahan Paetongtarn Shinawatra yang baru terpilih sebagai Perdana Menteri.
HUT 79 RI

Paethongtarn Shinawatra yang lahir pada 21 Agustus 1986 adalah putri bungsu mantan perdana menteri Thailand Thaksin Shinawatra dan keponakan mantan Perdana Menteri Yingluck Shinawatra. Selama ini dia dikenal sebagai ketua Komite Penasihat Partisipasi dan Inovasi Partai Pheu Thai.

Harapan akan kerjasama yang lebih intens antara India dan Thailand disampaikan Perdana Menteri India Narendra Modi dalam ucapan selamat yang disampaikannya kepada perdana Menteri Paetongtarn Shinawatra melalui akun X.

“Selamat @ingshin atas terpilihnya Anda sebagai Perdana Menteri Thailand. Harapan terbaik untuk masa jabatan yang sangat sukses,” kata PM Modi di X.

“Menantikan kerja sama dengan Anda untuk lebih memperkuat hubungan bilateral antara India dan Thailand, yang didasarkan pada fondasi yang kuat dari hubungan peradaban, budaya, dan antarmasyarakat,” tambahnya.

Pada hari Rabu pekan lalu (14/8), Raja Thailand Maha Vajiralongkorn secara resmi mendukung Paetongtarn Shinawatra sebagai perdana menteri negara berikutnya.

Pengangkatan wanita berusia 38 yang biasa disapa Ung Ing itu terjadi mengikuti serangkaian perubahan politik Thailand dalam beberapa pekan terakhir yang berujung pada keputusan Mahkamah Konstitusi menggulingkan Srettha Thavisin juga dari Partai Pheu Thai.

Dengan persetujuan resmi dari raja, Paetongtarn Shinawatra siap untuk melanjutkan penyusunan Kabinet, sebuah proses yang diharapkan akan berlangsung dalam beberapa minggu mendatang.

Hubungan India dan Thailand terjalin sejak 1947 tak lama setelah India mendapatkan kemerdekaan. Kedua negara memiliki hubungan budaya yang sangat dekat. Bahasa Thailand banyak mengambil kata dari bahasa Sansekerta yang merupakan bahasa klasik India.

Bahasa Pali, yang merupakan bahasa Magadha dan merupakan media Theravada, merupakan akar penting lain dari kosakata bahasa Thailand. Agama Buddha, agama utama Thailand, sendiri berasal dari India. Kisah Hindu Ramayana juga terkenal di seluruh Thailand dengan nama Ramakien. 

Kedua negara berbatasan langsung di perairan, tepatnya di Teluk Bengal. 

Menurut data dari Kementerian Perdagangan Thailand, volume perdagangan kedua negara pada tahun 2023 tercatat sebesar 16,04 miliar dolar AS, di mana ekspor dari India ke Thailand sebesar 5,92 miliar dolar AS dan impor dari Thailand ke India sebesar 10,11 miliar dolar AS. rmol news logo article
EDITOR: JONRIS PURBA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA