Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pameran ‘Two Nations: A Friendship is Born’ Rayakan 75 Tahun Hubungan Diplomatik Australia-Indonesia

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Rabu, 14 Agustus 2024, 10:45 WIB
rmol news logo Duta Besar Australia untuk Indonesia, Penny Williams PSM, dan Marulina Dewi, Kepala Biro Kerja Sama Daerah DKI Jakarta, membuka pameran ‘Two Nations: a Friendship is Born’ di Museum Bahari Jakarta.

ameran ini menceritakan kisah dukungan kuat Australia untuk Indonesia selama perjuangan kemerdekaannya melalui foto, surat, siaran berita, dan kenangan lain dari warga Australia dan Indonesia yang bekerja sama saat itu.

Tidak lama setelah proklamasi kemerdekaan pada 17 Agustus 1945, Australia menjadi negara asing pertama yang mengirimkan misi diplomatik untuk bertemu Presiden Soekarno. Australia kemudian dipilih oleh Indonesia sebagai perwakilannya dalam negosiasi PBB yang pada akhirnya membuahkan kemerdekaan.

Terdapat dukungan yang kuat dari masyarakat di Australia untuk kemerdekaan Indonesia, seperti yang terlihat dalam blokade ‘Black Armada’ terhadap kapal-kapal Belanda oleh para pekerja Australia dan warga Australia yang secara sukarela membantu gerakan kemerdekaan Indonesia.

“Pada saat Australia dan Indonesia merayakan 75 tahun hubungan diplomatik, pameran ini menawarkan wawasan menarik tentang sejarah bersama dan persahabatan yang terjalin lama antara kedua negara kita,” kata Dubes Penny Williams, saat peluncuran pameran, dikutip Rabu (14/8).

Peter Hobbins, Head of Knowledge di Museum Maritim Nasional Australia dan pakar ‘Black Armada’ ikut menghadiri pembukaan yang berlangsung Selasa (14/8) dan mengadakan masterclass bersama staf dari beberapa museum Indonesia.

Pameran ini terbuka untuk umum bertempat di Menara Syahbandar, Museum Bahari Jakarta sejak 15 Agustus hingga 1 September 2024. Pameran ini juga akan diadakan di Surabaya, Makassar, dan Yogyakarta. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA