Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Hamas Segera Cari Pengganti Haniyeh, Siapa yang Layak?

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Senin, 05 Agustus 2024, 12:34 WIB
Hamas Segera Cari Pengganti Haniyeh, Siapa yang Layak?
Ismail Haniyeh/Al Arabiya
rmol news logo Setelah kematian Ismail Haniyeh, posisi Kepala Biro Politik Hamas akan segera digantikan oleh tokoh yang baru.

Wakil Kepala Biro Politik Hamas, Khalil al-Hayya mengatakan, dalam beberapa hari mendatang pihaknya akan menunjuk pengganti Haniyeh.

"Dalam beberapa hari kami akan menyelesaikan konsultasi kami untuk memilih pemimpin baru bagi gerakan ini, untuk melanjutkan jalan Ismail, mengikuti jalan Sheikh (Ahmad Yassin) dan para martir rakyat Palestina kami," ujarnya, seperti dimuat Al Mayadeen pada Senin (5/7).

Dikatakan Khalil, keputusan pengganti Haniyeh akan diambil secara internal. Sayangnya dia tidak mengungkap nama atau siapakah tokoh yang layak menggantikan Haniyeh.

Namun, Khalil memastikan bahwa kepergian Haniyeh tidak akan menciptakan kekosongan atau memperlambat Hamas mengambil suatu kebijakan.
 
Haniyeh dilaporkan meninggal dunia dalam serangan udara misterius di tempat penginapannya di Teheran, Iran pada Rabu (31/7).

Wakilnya memuji kinerja Haniyeh selama memimpin Biro Politik Hamas. Menyebutkan kematiannya sebagai sumber semangat perlawanan Palestina.

"Dia adalah seorang pemimpin besar dan seorang hamba yang berbakti, seorang pertapa sejati, yang pintu-pintu kesyahidan dan surga terbuka untuknya, jika Allah menghendaki," ujar Khalil.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA