Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Aktivitas Tiongkok Langgar Batas Udara Taiwan Meningkat Signifikan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/jonris-purba-1'>JONRIS PURBA</a>
LAPORAN: JONRIS PURBA
  • Selasa, 23 Juli 2024, 02:02 WIB
Aktivitas Tiongkok Langgar Batas Udara Taiwan Meningkat Signifikan
Foto: Chinanews.net
rmol news logo Setidaknya, sebanyak 22 pesawat Angkatan Udara dan 7 kapal Angkatan Laut Tiongkok tertangkap radar sedang melakukan aksi di sekitar wilayah Taiwan.

Meneurut Kementerian Pertahanan Nasional (MND) Taiwan, sebanyak 17 pesawat Tiongkok melintasi garis tengah dan memasuki ADIZ utara, barat daya, dan timur Taiwan. Aksi ini tentu saja memicu respons strategis dari pasukan pertahanan Taiwan.

“Sebanyak 22 pesawat PLA dan 7 kapal PLAN yang beroperasi di sekitar Taiwan terdeteksi hingga pukul 6 pagi (UTC8) hari ini. 17 di antaranya melintasi garis median dan memasuki wilayah utara, barat daya, dan timur Taiwan,” tulis MND di akun X mereka seperti dikutip dari Chinanews.net.

“Kami telah memantau situasi dan merespons dengan tepat." Sebelumnya, pada hari Kamis, Taiwan melaporkan peningkatan aktivitas militer Tiongkok di sekitar Selat Taiwan pada Kamis pagi, mengungkapkan bahwa sejumlah besar pesawat dan kapal Tiongkok berada di sekitar wilayahnya,” sambung pernyataan terbuka itu.

Hasil pantauan MND ini memperlihatkan peningkatan aktivitas militer Tiongkok yang signifikan di perairan.

Sepuluh pesawat yang terdeteksi melintasi garis median Selat Taiwan, yang biasanya berfungsi sebagai batas informal yang memisahkan kedua belah pihak.

Insiden ini terjadi di tengah meningkatnya ketegangan di Selat Taiwan, seiring Tiongkok meningkatkan kehadiran militernya dan sering melakukan latihan di wilayah tersebut. Manuver tersebut dipandang sebagai bagian dari kampanye tekanan Beijing terhadap Taiwan, yang dipandang Tiongkok sebagai provinsi yang membangkang.

Dalam beberapa bulan terakhir, Taiwan dan Tiongkok telah mengalami peningkatan interaksi militer, termasuk serangan rutin ke ADIZ Taiwan dan peningkatan patroli angkatan laut di Selat Taiwan. Kegiatan tersebut dipandang sebagai upaya Tiongkok untuk menegaskan klaimnya atas Taiwan dan menantang kedaulatan Taiwan.

Meningkatnya aktivitas militer Tiongkok telah menimbulkan kekhawatiran dari pengamat internasional dan mitra Taiwan. rmol news logo article
EDITOR: JONRIS PURBA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA