Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Lewat Ucapan Iduladha, Biden Dorong Gencatan Senjata Gaza

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Senin, 17 Juni 2024, 12:17 WIB
Lewat Ucapan Iduladha, Biden Dorong Gencatan Senjata Gaza
Presiden Amerika Serikat, Joe Biden/Net
rmol news logo Melalui pesan di Hari Raya Iduladha, Presiden Amerika Serikat, Joe Biden kembali mengangkat isu gencatan senjata di Jalur Gaza.  

Selain mengucapkan selamat Iduladha untuk Muslim di seluruh dunia, Biden juga berusaha mendorong agar proposal gencatan senjata tiga fase yang digariskannya bisa segera disepakati.  

"Terlalu banyak orang tak berdosa yang terbunuh, termasuk ribuan anak-anak. Banyak keluarga yang meninggalkan rumah mereka dan melihat komunitas mereka hancur. Rasa sakit mereka sangat besar,” ujarnya, seperti dimuat AFP pada Senin (17/6).

Menurut Biden, rencana itu sudah yang paling baik yang mampu membantu mengurangi penderitaan sipil akibat perang Israel-Hamas.

“Saya sangat yakin bahwa proposal gencatan senjata tiga fase yang diajukan Israel kepada Hamas dan didukung oleh Dewan Keamanan PBB adalah cara terbaik untuk mengakhiri kekerasan di Gaza dan pada akhirnya mengakhiri perang,” kata dia.

Biden menyampaikan apa yang disebutnya sebagai rencana tiga fase Israel yang akan mengakhiri konflik, membebaskan semua sandera, dan mengarah pada rekonstruksi wilayah Palestina yang hancur tanpa kekuasaan Hamas.

Hamas pada Senin (10/6) menyambut baik keputusan Dewan Keamanan PBB untuk mengadopsi resolusi yang mendukung rencana gencatan senjata.

Namun mereka bersikeras bahwa tuntutannya harus dipenuhi, termasuk gencatan senjata permanen di Gaza dan penarikan total pasukan Israel dari wilayah tersebut, tetapi ditolak oleh Israel.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA