Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Taiwan Kembali Pantau Kehadiran Alat Perang China

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/jonris-purba-1'>JONRIS PURBA</a>
LAPORAN: JONRIS PURBA
  • Minggu, 09 Juni 2024, 21:22 WIB
Taiwan Kembali Pantau Kehadiran Alat Perang China
Drone BZK-005 milik China
rmol news logo . Sepanjang bulan Juni ini, Taiwan telah memantau kehadiran pesawat-pesawat Tentara Pembebasan Rakyat (PLA) China sebanya 54 kali dan kehadiran kapal perang China (PLAN) sebanyak 62 kali.

Kehadiran kapal dan pesawat China ini merupakan bagian dari taktik zona abu-abu yang diterapkan China sejak September 2020 untuk menekan Taiwan yang masih dianggap China sebagian bagiannya.

Kehadiran terakhir armada udara dan kapal perang China terpantau Kementerian Pertahanan Nasional (MND) Taiwan antara pukul 6 pagi pada hari Kamis (6/6) dan pukul 6 pagi pada hari Jumat (7/6).

Dari enam pesawat Tentara Pembebasan Rakyat (PLA), satu drone Tiongkok terdeteksi di sudut barat daya zona identifikasi pertahanan udara (ADIZ) Taiwan, dan satu helikopter PLA terlacak di ADIZ tenggara, menurut MND.

Sebagai tanggapan, Taiwan mengirimkan pesawat dan kapal angkatan laut serta mengerahkan sistem rudal berbasis pantai untuk memantau aktivitas PLA.

Taktik zona abu-abu didefinisikan sebagai “suatu upaya atau serangkaian upaya di luar pencegahan dan jaminan yang ditetapkan dalam upaya untuk mencapai tujuan keamanan tanpa menggunakan kekuatan langsung dan dalam jumlah besar.” rmol news logo article
EDITOR: JONRIS PURBA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA