Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Dua Kapal Terbakar Diserang Rudal Houthi Yaman

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Minggu, 09 Juni 2024, 16:20 WIB
Dua Kapal Terbakar Diserang Rudal Houthi Yaman
Representative Image/Net
rmol news logo Proyektil rudal yang diluncurkan Houthi mengenai dua kapal Lepas Pantai Aden Yaman hingga mengakibatkan kebakaran pada Minggu (9/6).

Perusahaan keamanan Inggris Ambrey mengungkap identitas kapal tersebut adalah kapal kargo umum berbendera Antigua dan Barbuda.

"Kapal itu sedang menuju barat daya sepanjang Teluk Aden dengan kecepatan 8,2 knot ketika stasiun depan dihantam oleh sebuah rudal. Kebakaran terjadi tetapi dapat dijinakkan,” kata Ambrey dalam laporannya, seperti dimuat Reuters.

Ambrey mengatakan api mampu dipadamkan dan tidak ada korban luka. Selanjutnya kapal tersebut mengubah arah ke pelabuhan dan meningkatkan kecepatan.

Operasi Perdagangan Maritim Inggris (UKMTO) menyatakan telah menerima laporan dari kapten kapal tentang kejadian itu.

“Nakhoda melaporkan bahwa kapal terkena proyektil tak dikenal di bagian belakang, yang mengakibatkan kebakaran. Pengendalian kerusakan sedang dilakukan,” kata UKMTO.

Kelompok Houthi telah menyerang kapal-kapal berafiliasi Israel di lepas pantai Yaman selama berbulan-bulan sebagai bentuk solidaritas dengan warga Palestina di tengah perang Israel-Hamas yang sedang berlangsung di Gaza.

Menurut Administrasi Maritim AS, Houthi telah melancarkan lebih dari 50 serangan terhadap pelayaran, menewaskan tiga pelaut, menyita satu kapal, dan menenggelamkan kapal lainnya sejak November 2023.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA