Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Zelensky: Tiongkok Boneka Rusia

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/jonris-purba-1'>JONRIS PURBA</a>
LAPORAN: JONRIS PURBA
  • Kamis, 06 Juni 2024, 01:35 WIB
Zelensky: Tiongkok Boneka Rusia
Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky di Shangri-La Dialogue di Singapura, Minggu (2/6).
rmol news logo Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky menuding Tiongkok bekerja keras untuk menghentikan negara-negara yang ingin menghadiri pertemuan puncak perdamaian.

Pernyataan itu disaampaikan Zelensky ketika berbicara dalam Shangri-La Dialogue di Singapura yang lalu, Minggu (2/6).

Zelensky juga menyatakan kekecewaannya karena "beberapa pemimpin dunia" tidak menandatangani konferensi tersebut, dan Tiongkok memberi isyarat bahwa Xi Jinping tidak akan hadir sementara Presiden AS Joe Biden belum memberikan komitmennya.

Di sisi lain, Beijing mengatakan konferensi tersebut “harus mendapatkan pengakuan dari Rusia dan Ukraina, di mana semua pihak berpartisipasi dan rencana perdamaian didiskusikan secara adil”, kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Mao Ning pada konferensi pers, dua hari sebelumnya.

“Jika tidak, sulit bagi konferensi ini untuk memainkan peran substantif dalam memulihkan perdamaian,” katanya.

Tiongkok mengatakan akan "sulit" untuk hadir jika Rusia tidak berpartisipasi, namun Ukraina telah menolaknya.

Sementara Kyiv berharap, melalui KTT perdamaian, syarat-syarat yang diperlukan untuk mengakhiri perang dapat disepakati.

Zelensky mengatakan lebih dari 100 negara dan organisasi telah menandatangani konferensi tersebut, dan dia mendesak negara-negara Asia-Pasifik untuk bergabung.

KTT perdamaian tersebut terancam akan dibayangi jika pendukung utama Ukraina, Biden – yang terlibat dalam kampanye pemilu melawan Donald Trump dan tidak memberikan tanda-tanda bahwa ia akan berpartisipasi – pada akhirnya tidak ikut serta.

Di mata Zelensky, Tiongkok adalah "alat di tangan Putin" dan menuduh Rusia menggunakan pengaruh dan diplomat Tiongkok untuk melakukan "apa pun yang mengganggu pertemuan puncak perdamaian."

Meskipun Tiongkok mengatakan bahwa mereka adalah pihak netral dalam konflik Ukraina, Tiongkok telah dikritik karena menolak mengutuk Moskow atas serangan mereka.

Zelensky juga bertemu dengan Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin pada hari Minggu di sela-sela forum keamanan Singapura. Zelensky mengatakan kepada wartawan bahwa pertemuan mereka “sangat bagus”.

Dalam sebuah postingan di X, Zelensky mengatakan dia dan Austin membahas “kebutuhan pertahanan negara kita, memperkuat sistem pertahanan udara Ukraina, koalisi F-16, dan penyusunan perjanjian keamanan bilateral.” rmol news logo article
EDITOR: JONRIS PURBA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA