Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Jerman Akui Lok Sabha sebagai Pesta Demokrasi Terbesar di Dunia

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/jonris-purba-1'>JONRIS PURBA</a>
LAPORAN: JONRIS PURBA
  • Selasa, 04 Juni 2024, 09:30 WIB
Jerman Akui Lok Sabha sebagai Pesta Demokrasi Terbesar di Dunia
Ilustrasi
rmol news logo Kementerian Luar Negeri Jerman mengucapkan selamat kepada masyarakat India karena berhasil menyelenggarakan "pemilihan umum demokratis terbesar di dunia". Jerman berharap dapat bekerja sama dengan pemerintah baru India dan meningkatkan kerja sama ke tingkat berikutnya.

"Selamat kepada rakyat India karena berhasil menyelenggarakan #pemilu demokratis terbesar di dunia - kami menantikan kerja sama dengan pemerintahan baru India dan membawa kerja sama kami dengan #India ke tingkat berikutnya,” tulis Kementerian Luar Negeri Jerman di akun X,

Pemilu Lok Sabha di India diadakan dalam tujuh tahap mulai tanggal 19 April hingga 1 Juni. Pemungutan suara untuk enam tahap pemilu Lok Sabha sebelumnya diadakan pada tanggal 19 April, 26 April, 7 Mei, 13 Mei, 20 Mei, dan 25 Mei. Sementara penghitungan suara  pada tanggal 4 Juni besok.

Pemungutan suara majelis juga telah diadakan di Andhra Pradesh, Sikkim, dan Arunachal Pradesh. Odisha juga mengadakan pemungutan suara serentak di Lok Sabha dan pertemuan di empat tahap terakhir.

Tahap ketujuh dan terakhir pemungutan suara untuk pemilihan Lok Sabha pada tanggal 1 Juni di tujuh negara bagian dan Wilayah Persatuan Chandigarh memperlihatkan perkiraan jumlah pemilih sebesar 62,36 persen sesuai tren terbaru, Komisi Pemilihan Umum (ECI) mengatakan pada hari Sabtu.

Menurut ECI, Benggala Barat memimpin jumlah pemilih dengan 73,79 persen. Negara bagian lain yang melakukan pemungutan suara pada tahap ketujuh adalah Bihar dengan perolehan 51,92 persen, Chandigarh dengan 67,90 persen, Odisha dengan 70,67 persen, Punjab dengan 61,32 persen, Uttar Pradesh dengan 55,59 persen, dan Himachal Pradesh dengan 70,05 persen.

Pemungutan suara untuk tahap terakhir berakhir pada hari Sabtu di 57 daerah pemilihan parlemen yang tersebar di tujuh negara bagian dan Wilayah Persatuan Chandigarh.

Menjelang pengumuman hasil Lok Sabha pada tanggal 4 Juni, Komisi Pemilihan Umum India telah mengeluarkan serangkaian instruksi bagi semua petugas pemungutan suara mengenai prosedur yang harus diikuti untuk penghitungan suara dari Mesin Pemungutan Suara Elektronik, VVPAT, dan Surat Suara Pos untuk pemilu. Pemilihan Lok Sabha serta pemilihan selamat tinggal pada Lok Sabha dan Dewan Legislatif Negara Bagian. rmol news logo article
EDITOR: JONRIS PURBA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA