Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Airlangga Tegaskan Indonesia-Jepang Komitmen Dorong AZEC

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Jumat, 24 Mei 2024, 14:34 WIB
Airlangga Tegaskan Indonesia-Jepang Komitmen Dorong AZEC
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto bersama Perdana Menteri Jepang, Fumio Kishida/ist
rmol news logo Sejumlah agenda dibahas Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto saat hadir mewakili Presiden Joko Widodo di Nikkei Forum 2024, Tokyo, Jepang, Kamis (23/5).

Dalam kegiatan tahunan itu, sejumlah pejabat dan tokoh negara sahabat juga hadir. Perdana Menteri Jepang, Fumio Kishida bahkan membuka langsung Nikkei Forum dengan mengusung tema 'The Future of Asia 2024'.

Pada kesempatan itu, PM Jepang menegaskan komitmen mendorong program unggulan Asia Zero Emission Community (AZEC) bersama ERIA, yakni think thank ternama di Asia yang juga memiliki kantor di Jakarta.

Hal ini tentu sejalan dengan berbagai kerja sama Indonesia dan Jepang.

"AZEC yang di Indonesia merupakan kerja sama melalui joint committee antara METI Jepang dengan Kemenko Perekonomian. Rencananya kami akan menggelar ministerial meeting di Jakarta bulan Agustus tahun ini," kata Menko Airlangga di Tokyo.

Indonesia, Jepang, dan ASEAN juga akan merumuskan strategi selama satu dekade ke depan dalam Nikkei Forum yang juga menjadi wadah opini bergengsi dunia tersebut.

Selain itu, beberapa hal turut dibahas, mulai dari kerja sama regional untuk membangun ekosistem digital, upaya Asia mencapai nol karbon, kemudian peran Jepang, AS, dan Korea Selatan dalam keamanan regional di Asia Timur Laut. rmol news logo article
EDITOR: DIKI TRIANTO

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA