Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Bank Dunia: Indonesia Capai Tujuan Memberantas Kemiskinan Ekstrem

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Sabtu, 18 Mei 2024, 20:20 WIB
Bank Dunia: Indonesia Capai Tujuan Memberantas Kemiskinan Ekstrem
Ilustrasi/Net
rmol news logo Laporan Bank Dunia atau World Bank mencatatkan Indonesia telah berhasil memberantas kemiskinan ekstrim. Catatan ini, terekam dalam laporan yang berjudul “Indonesia Poverty Assessment” tahun 2023.

Country Director World Bank Satu Kahkonen, mengatakan Indonesia telah mencapai tujuannya untuk memberantas kemiskinan ekstrem.

“Indonesia boleh dibilang telah mencapai tujuannya untuk memberantas kemiskinan ekstrem ketika kemiskinan tersebut mencapai 1,5 persen pada tahun 2022,” ujar Satu Kahkonen dikutip Sabtu (18/5).

Kahkonen menyampaikan bahwa keberhasilan Indonesia ini tidak lepas dari pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan dan adanya perlindungan sosial.

“Pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan digabung dengan perlindungan sosial telah memungkinkan kemajuan ini,” tuturnya.

Dalam laporannya, World Bank juga membeberkan data, bahwa dari tahun 2002 hingga 2022 terjadi penurunan angka kemiskinan yang begitu signifikan dari 61 persen menjadi 16 persen.

Tidak hanya itu, dalam laporan yang sama, tren konsumsi masyarakat kelas bawah mengalami peningkatan tertinggi di era pemerintahan Presiden Joko Widodo. Konsumsi tertinggi berada di angka sekitar 5,5 persen.

Senada dengan World Bank, laporan internal dari Badan Pusat Statistik (BPS) dari tahun 2016 hingga 2023 juga menunjukkan hal yang sama.

Selama era pemerintahan Presiden Joko Widodo angka kemiskinan ekstrem di tahun 2016 adalah 5,24 persen. Tren ini terus mengalami penurunan hingga di tahun 2023 berada di angka 1,04 persen.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA